Memanfaatkan Lahan Sisa

Rumah - - KONSULTASI -

Dear Pak Wijoyo, Saya mempunyai rumah dengan lahan seluas 135m2 (10m x 13,5m). Ini daftar ruang yang ada di rumah saya. 1. Taman. 2. Carport. 3. Teras. 4. Kamar tidur utama. 5. Kamar tidur anak. 6. Ruang tamu. 7. Ruang keluarga. 8. Dapur. 9. Tanah kosong.

Saya masih memiliki tanah kosong di area belakang dan samping rumah yang menyatu dan berbentuk L. Tanah tersebut ingin saya manfaatkan untuk membuat ruangan berikut ini. 1. Taman di belakang rumah buat sirkulasi udara. 2. Kamar tidur. 3. Ruang makan. 4. Toilet (kalau bisa). 5. Dapur (maju ke samping rumah).

Kalau ada rezeki sih, kami ingin membuat rumah tumbuh ke atas alias ditingkat. Jadi, kami minta tolong bapak untuk membuatkan denah lantai 2-nya sekalian ya pak. Kalau untuk sekarang ini, rumah saya rencananya akan dibuat satu lantai.

Demikian, semoga mendapat solusi yang terbaik untuk rumah kami. Atas perhatian bapak, kami ucapkan banyak terima kasih. Terima kasih, Yuli W Ibu Yuli, Terima kasih atas kiriman pertanyaannya.

Merenovasi rumah ada baiknya dilakukan bertahap, jika dana Anda terbatas. Karena, jika harus menunggu dan menunda hingga uang terkumpul cukup untuk merenovasi hingga sesuai keinginan, harga bahan bangunan menjadi tak terkejar.

Dengan melakukan tahap demi tahap, renovasi bisa dilakukan hingga hasil akhir sesuai keinginan. Tentunya, dengan perencanaan yang tepat, sehingga dapat menghindari atau meminimalkan kesalahan yang bisa terjadi.

Dalam tahap I renovasi, Anda harus mempersiapkan dan membuat rencana dan rancangan sekaligus untuk nanti pengembangan tahap II. Hal ini dilakukan agar pada tahap II nanti Anda tidak perlu lagi membongkar yang telah ada untuk penambahan dan perkuatan struktur. Jadi dalam pengerjaan renovasi I ini, Anda

Jtetap harus mengacu dengan perencanaan renovasi II nya. Anda perlu sekaligus membuat perkuatan struktur kolom dan balok untuk bangunan 2 lantai. Jadi, ketika akan melakukan renovasi ll, Anda tidak perlu lagi menggali tanah/lantai untuk membuat perkuatan. Anda tinggal membongkar atap, membangun lantai 2, dan membuat tangga. Namun, Anda harus pindah sementara, karena pekerjaan akan mengotori dan merusak sebagian dari lantai 1.

Di tahap I, saya hanya memindahkan dapur ke samping, langsung berhadapan dengan carport dan sekaligus bisa menjadi akses masuk samping rumah. Dengan pindahnya dapur, maka ruang tidur akan memiliki bukaan ke halaman belakang. Dinding kamar menjadi tidak panas akibat panas yang ditimbulkan dapur. Dapur baru juga akan menjadi lebih luas dibandingkan sebelumnya.

Ruang tidur tambahan saya letakkan di belakang sebelah kanan, lebih kecil dari ruang tidur lainnya, namun masih memiliki luas ideal. Demikian juga kamar mandi/wc tambahan yang diletakkan di antara dapur dan ruang tidur 3 ini. Apabila tidak memerlukan kamar mandi, bisa saja ruangan ini dijadikan sebagai gudang. Saat Anda merenovasi yang ke II, ruangan ini akan menjadi tangga.

Untuk rumah dengan luas terbatas, ada baiknya ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu saja. Lebih baik memiliki satu ruangan berukuran lebih luas, daripada ada 2 ruangan namun sempit-sempitan. Ruang keluarga yg ada saat ini bisa menjadi ruang makan yang lebih nyaman.

Apabila Anda merasa perlu membuat pembatas antara ruang tamu/ruang keluarga, Anda bisa membuat rak atau lemari penyimpanan. Sementara, halaman belakang yang ada tetap dipertahankan untuk ruang terbuka dan sirkulasi udara.

Untuk tahap II renovasi, lantai 1 saya ubah menjadi area berkumpul keluarga. Ruang tidur 2 yang letaknya di belakang saya buka dan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.