Pilih Bahan sofa ANTI-KOTOR

Rumah - - HALAMAN DEPAN -

Tingkat kenyamanan saat diduduki penting untuk diperhatikan. Sofa yang baik memiliki busa yang tidak cepat kempes. Jangan segan-segan menanyakan kepada penjual, jenis busa apa yang digunakan pada sofa yang akan dibeli. Anda bisa memeriksanya sendiri dengan cara menekan-nekan sofa tersebut. Apabila membal (cepat kembali ke keadaan semula), berarti kualitasnya bagus. Namun, jika setelah ditekan, kembalinya lama, lebih baik urungkan niat Anda untuk membeli sofa tersebut. Sebab, sofa tersebut biasanya akan cepat kempes.

Periksa dudukan sofa, khususnya yang memiliki pegas. Pegas merupakan penyangga yang sempurna. Namun, lambat laun daya topangnya akan kendur jika besinya tidak kuat. Namun, sofa tanpa pegas bisa terlihat berantakan dan terkadang tidak nyaman saat diduduki. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, cobalah diduduki. Bila terdengar bunyi berdenyit, berarti pegas terpasang dengan buruk.

Perhatikan kerapian jahitannya serta rangka yang digunakan. Pilihlah rangka sofa yang terbuat dari rangka kayu keras , seperti oak, maple, atau jati. Penggunaan kayu oven akan memperpanjang umur sofa karena tahan terhadap rayap. Alangkah baiknya lagi jika kaki sofa menyatu atau dibor dengan rangka. Hindari membeli sofa yang hanya dipasang dengan lem. Perlu diingat, staples, paku, dan lem hanya boleh dijadikan sebagai pelengkap kursi dekoratif, bukan penguat sofa.

Pilih bahan pelapis yang memang tahan terhadap kotor. Sofa yang tahan terhadap kotor biasanya berbahan kulit. Bahan kulit asli merupakan jenis bahan pelapis sofa yang paling nyaman karena bahannya bersifat menyerap panas tubuh sehingga nyaman diduduki dalam jangka waktu yang lama. Namun, kekurangan bahan ini adalah harganya yang mahal dibandingkan jenis pelapis sofa lainnya dan memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulit agar tahan lama. Ada pula kulit sintetis yang harganya lebih murah. Kekurangan dari bahan ini adalah motifnya yang tak beragam dan beberapa jenis kulit sintetis tak nyaman untuk diduduki.

Bahan fabric, katun, memiliki motif yang beragam, namun mudah kotor dan warnanya pudar. Terutama bahan chennile yang tidak tahan air, cepat kotor, dan sulit dibersihkan.

KEDIAMAN ARI DAN ROSA, BINTARO SEKTOR 4, TANGERANG SELATAN.

Lokasi

KEDIAMAN ARI DAN ROSA, BINTARO SEKTOR 4, TANGERANG SELATAN.

Lokasi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.