DAPUR UNTUK SEMUA

Rumah - - SERAMBI - dian.kardha@gramedia-majalah.com @dekardha Made Mardiani Kardha Editor in Chief

Hampir semua orang rasanya mengimpikan dapur yang indah. Tapi ternyata mewujudkan dapur idaman tidak semudah berselancar di Internet. Untuk desain, Anda tinggal meminta “Mbah Google” mencarikan sesuai permintaan Anda, dan ia akan memberikan ratusan pilihan.

Tapi bagaimana desain yang sudah Anda pilih bisa benarbenar terwujud di rumah Anda, berfungsi dengan baik, sehingga mendatangkan kebahagiaan ketika Anda memasak di dapur, itu urusan lain. Apalagi bila dikaitkan dengan luas lahan yang terbatas, bujet yang minim, tentu akan lebih sulit lagi.

Dengan lahan yang luas dan bujet unlimited saja, Anda belum tentu sukses mewujudkan dapur idaman. Mengapa? Karena dapur adalah ruang dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Di dalamnya ada ruang penyimpanan, perlengkapan masak, alat-alat listrik, pemipaan, dan sebagainya. Dapur juga menjalankan fungsi beragam, yaitu ruang untuk memasak, mencuci peralatan masak, serta menyimpan bahan makanan.

Semua anggota keluarga bisa berkali-kali masuk ke dapur; entah untuk memasak, mengambil alat makan, mengambil air minum di lemari es, dan sebagainya. Sehingga dapur dikatakan sudah ideal bila bisa memenuhi semua kebutuhan itu, dan dirasa nyaman oleh semua anggota keluarga.

Itulah mengapa mewujudkan dapur ideal bagi semua penghuni rumah menjadi sulit. Namun bukan berarti hal itu tidak mungkin dilakukan. Yang penting adalah membuat rancangan yang sesuai kebutuhan. Dapur terlalu kecil bisa bikin stres, tapi dapur terlalu besar juga mubazir (lebih baik digunakan untuk ruang lain yang mungkin lebih berguna). Dapur dengan alat kurang lengkap bisa membuat proses memasak jadi lama, tapi dapur dengan alat berlebihan yang jarang dipakai malah menampung debu dan berisiko dihinggapi serangga.

Pemilihan material, juga tidak bisa diremehkan. Salah pilih keramik lantai, bisa berakibat orang mudah terpeleset. Salah pilih material

backsplash bisa bikin dapur terlihat kurang bersih. Jadi, supaya dapur idaman terwujud dengan sukses, mari kita rancang dapur kita secermat mungkin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.