BERSIHKAN NODA MINUMAN DENGAN ALKOHOL

Minuman ringan tumpah di karpet Anda? Jangan cemas, cara membersihkannya sangat mudah!

Rumah - - BERSIH-BERSIH - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Merayakan Natal dan pergantian tahun bersama keluarga adalah momen yang membahagiakan. Berkumpul bersama, sambil menyantap hidangan yang Anda buat dengan penuh cinta, tak ternilai rasanya.

Biasanya, selain hidangan utama, Anda akan menyediakan hidangan tambahan untuk selingan, misalnya kue-kue dan minuman dingin atau minuman ringan. Yang sering terjadi, minuman ini tumpah di lantai atau karpet kesayangan Anda. Jika dibiarkan terlalu lama, minuman ringan ini—apalagi yang berwarna, akan meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.

Jangan khawatir, begitu minuman tumpah, ini yang harus Anda lakukan. TEKAN-TEKANLAH area yang terkena noda minuman menggunakan lap kering. Tuangkan alkohol 70% atau alkohol isopropyl pada lap. Tekan-tekan lap tersebut pada bagian yang terkena minuman,

1 2

jaga agar alkohol tidak mengenai bagian belakang karpet yang biasanya terbuat dari karet, karena alkohol dapat merusak karet. Jangan juga menggosok karpet atau melakukan gerakan memutar karena alkohol dapar merusak tekstur karpet. Tuangkan sabun cuci cair yang diencerkan (1 liter air ditambah ½ sendok makan sabun cuci piring cair). Gosok perlahan dengan gerakan memutar. BILAS dengan air bersih secukupnya. Keringkan dengan menekan-nekan lap kering pada bagian yang basah. BILA noda membandel, lembapkan bagian yang ternoda dengan hidrogen peroksida 3% yang dapat dibeli di toko bahan kimia atau toko obat. Biarkan selama 1 jam. Tekantekan dengan lap kering dan ulangi bila perlu (tidak perlu dibilas). LETAKKAN beberapa lap di atas bagian yang bernoda dan tindih dengan batu bata atau buku-buku tebal sampai mengering.

3 4 5 6

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.