TAMPIL TRENDI DI RUMAH MUNGIL

Keterbatasan ruang tak lagi menjadi halangan untuk menciptakan hunian yang cantik nan trendi. Dengan beberapa trik ini Anda bisa menghadirkan rumah trendi yang nyaman meski berukuran mungil.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANNIS RUDOLF PRATASIK

Konsep rumah mungil kini sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Harga tanah yang terus melambung membuat kita harus berpikir dua kali untuk membeli rumah besar. Pilihannya, rumah mungil dengan harga pas di kantong. Namun, meski berukuran kecil bukan berarti kenyamanan dan kebebasan dalam mendandani hunian Anda terenggut. Konsep rumah yang lebih terencana akan membuat hunian mungil Anda terasa lebih nyaman, bahkan memiliki tampilan menarik.

Wandy Rustandi, desainer interior sekaligus pemilik Interlook Home and Interior Custom, mengungkapkan bahwa konsep rumah mungil sudah menjadi tuntutan bagi pemilik rumah. Namun, Anda bisa memainkan konsep yang ingin dihadirkan. Ia mengungkapkan konsep yang tepat untuk rumah berukuran mini antara lain gaya Europian atau kontemporer karena memiliki tampilan yang simpel, namun memiliki point of interest.

TENTUKAN RUANG PRIORITAS

Salah satu strategi yang bisa dilakukan agar lahan sempit terasa nyaman adalah memaksimalkan luas bangunan yang ada dengan memerhatikan tata letak ruangan dan fungsinya. Buatlah daſtar ruang-ruang prioritas yang ingin Anda hadirkan.

Pemilihan ruangan ini dapat didasarkan pada fungsi ruangan, seperti ruang berkumpul, ruang tidur, dapur, dan kamar mandi. Sementara, ruangan yang tak terlalu penting keberadaannya bisa disatukan dengan ruangan lain yang masih memiliki fungsi serupa, sehingga bersifat multifungsi, misalnya ruang tamu dengan ruang keluarga.

BIKIN LEBIH TRENDI

Setelah ruang prioritas sudah ditentukan Anda bisa mendandani hunian sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan peremajaan pada rumah Anda, seperti mengecat dinding atau mengganti kain sofa dengan warna atau motif tertentu agar tampilan ruang lebih menarik. Motif dan warna bisa menghapus kesan datar desain ruang. Elemen ini tergantung pada warna dinding, dan lantai. Motif dan warna kontras dapat diposisikan sebagai aksen penyegar. Agar motif dan warna tak bertabrakan, samakan tone- nya.

Selain itu, salah satu “kelemahan” memiliki rumah mungil adalah pemilihan furnitur tidak bisa sembarangan. Luasannya yang mungil seolah sudah menjadi alat sortir tersendiri terhadap gaya furnitur. Mungil mungkin identik dengan simplisitas. Namun, simpel tak berarti “mati”. Saat ini banyak sekali furnitur simpel yang ekspresif, menggambarkan sisi eksperimental (dalam kesederhanaan) sang desainer.

RUMAH edisi ini akan membedah 5 rumah mungil yang trendi, lengkap dengan tip dari pemilik rumah dan sang desainer.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.