TETAP TRENDI WALAU SERBA-KOTAK

Walauterkesan kaku, bentuk persegi atau kotak masih mampu membuat tampilan rumah terlihat menarik. Selain itu, secara layout pun kotak dapat dijadikan senjata efektif dalam memaksimalkan luas lahan yang terbatas.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com FOTO SURAI FARDINA

Rumah berukuran kecil akan terkesan sempit bila dirancang dengan desain yang rumit. Oleh karenanya, sang pemilik rumah, Ghilky, mencoba menerapkan bentuk dasar pada bangunan dan interior rumahnya, yakni aplikasi layout serba-kotak. Layout serbakotak terlihat dari bentuk fasad, interior ruang, dan bentuk furnitur.

Penerapan layout ini rupanya dapat menghemat ruang dan menciptakan potensi ruang sisa, sehingga dapat dimanfaatkan secara lebih optimal. Untuk urusan interior, konsep scandinavian masih menjadi tema besar yang menyelimuti hunian ini.

HIJAU MINT BERI KESAN HANGAT

Laiknya tinggal di kawasan perumahan, fasad ini awalnya memiliki bentuk yang standar. Untuk memberi kesan berbeda, fasad pun direnovasi. Material fasad menggunakan papan GRC yang ditempel secara mendatar (horizontal). Sementara itu, aplikasi warna menggunakan warna hijau mint yang dianggap dapat merepresentasikan konsep shabby chic yang kerap menghiasi rumah-rumah bergaya Amerika.

Hijau mint tak hanya menghiasi area fasad, bagian interior seperti kamar utama dan dapur pun menggunakan warna serupa. Agar suasana ruang terkesan lebih hangat, sentuhan kayu dihadirkan, baik pada lantai maupun furnitur. Lantainya menggunakan parket sementara furniturnya terbuat dari bahan kayu sungkai. Tak ingin tampil monoton, semburat warna kuning dihadirkan sebagai penyeimbang di antara warna-warna lembut.

DAPUR DI DEPAN BIAR LEBIH LAPANG

Untuk memberikan kesan lebih luas, posisi dapur yang awalnya berada di area belakang dipindahkan ke depan. Sementara itu, area belakang dimanfaatkan sebagai gudang dan area servis. Penataan ruang seperti ini membuat pemanfaatan ruang terasa lebih maksimal. Pasalnya, untuk menuju dapur biasanya kita membutuhkan area perantara atau penghubung. Namun, dengan meletakkannya di depan, area penghubung ini bisa dihilangkan, sehingga tak perlu ada ruangan yang terbuang sia-sia.

Konsep dapur pun dibuat mengikuti konsep bangunan secara keseluruhan, yakni menggunakan warna mint dengan sentuhan shabby chic yang pekat. Sang desainer interior, Wandy Rustandi, desainer interior dari Interlook Home and Interior Custom, mengungkapkan konsep yang matang dari pemilik rumah membuat desain interior ini tampil maksimal. Ia pun hanya membantu merealisasikan gagasan tersebut ke dalam bentuk yang nyata.

area ruang keluarga yang dipenuhi dengan furnitur simpel. Mejanya menggunakan kaki beroda sehingga dapat dipindahkan.

Saat merancang dapur, pemilik rumah menginginkan posisi dapur berada di depan, sehingga saya membuatnya menyatu dengan ruang keluarga tanpa sekat apa pun. Selain agar tidak terkesan sempit, fungsi dapur tak sekadar ruang memasak, tetapi sebagai ajang untuk berinteraksi dengan keluarga dan kerabat. Dapur ini diletakkan di luar, agar ruangan terkesan lebih luas.

KEDIAMAN KELUARGA GHILKY, ARCAMANIK, BANDUNG, JAWA BARAT INTERLOOK HOME AND INTERIOR CUSTOM, www.imterlook.co.id

Lokasi Desainer

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.