MELENYAPKAN UDARA PANAS LOTENG

Jika dibiarkan lama, udara panas bikin kita rentan emosi dan jengkel sepanjang hari. Ruang jadi terasa panas dan tubuh pun bermandi keringat. Ah, menyebalkan.

Rumah - - RUMAH SEHAT -

TEKS INDRA indrasukma@gramedia-majalah.com FOTO DOK RUMAH

Tidak ada celah atau ventilasi di loteng membuat udara panas meradang. Jika dibiarkan lama, radiasi panas merembes plafon dan menyebar ke ruangan. Terpaksa, kipas angin dan AC menjadi solusi. Boros lisrtik, boros biaya.

Kalau diperhatikan, udara panas di loteng itu akibat dari panasnya genting yang terpapar sinar matahari sepanjang hari. Udara panas kemudian memanaskan plafon dan berangsur-angsur diteruskan ke ruang di bawahnya. Untuk mengatasi itu, kita perlu mendinginkan loteng dengan menyediakan banyak bukaan atau lubang ventilasi.

Dimulai dari atap. Sebagai sumber utama pemasok panas ke ruang di bawahnya, atap wajib diperlakukan dengan baik. Ambil contoh, genting terbuat dari material yang tahan panas. Syukur, di balik rangka genting itu terpasang aluminium foil. Pelapis ajaib yang mampu menahan radiasi panas.

Cek kembali keseluruhan atap. Ketiadaan lubang udara membuat panas semakin terperangkap. Tidak bisa keluar dan hanya bertahan dalam loteng. Tidak ada solusi lain selain membuat sejumlah lubang udara. Letaknya bebas, asalkan tersedia dua atau lebih lubang yang berseberangan sehingga angin dapat mendorong udara ke alam bebas.

Sebetulnya, ada satu rahasia lagi di bagian atap. Yakni, sebuah rongga udara kecil di bawah rangka atap, berbentuk celah yang memanjang. Tinggi berkisar 10-12cm dengan panjang sesuai bentang balok atap. Yang penting, pastikan ujung dan pangkal sama besar agar angin dapat mendorong radiasi panas dari genteng.

Rongga dipasang kawat untuk mencegah serangga menerobos. Tikus, burung, dan kelelawar tak bisa membuat sarang di sana. Kawat diberi frame kayu agar mudah dibersihkan jika debu semakin menebal. Solusi pengusiran udara panas tersebut cocok diterapkan untuk atap pelana, perisai, dan sandar yang menempel di tembok tetangga.

Perbanyak jendela

Dari atap turun ke ruangan. Di ruangan, perbanyak jendela lebar demi mengarahkan jalan udara panas ke alam bebas. Jendela bisa dikombinasikan dengan lubang angin di atas kusen pintu. Beberapa bangunan tertentu, justru menempatkan lubang angin di bagian bawah dinding

JOU ENDHY PESUARISSA KEDIAMAN AJAR ABDILLAH EDI DAN ASTRI WAHYUNI DI BOGOR, JAWA BARAT

lokasi Plafon tinggi memperlambat udara panas loteng ke bawah. berkat angin yang menyebar hingga plafon, udara panas pun sirna. FOTO

JOU ENDHY PESUARISSA KEDIAMAN M.RIDWAN KAMIL, BANDUNG, JAWA BARAT

Perbanyak jendela lebar dan lubang udara di sejumlah dinding ruangan. angin bisa menerobos dari segala penjuru bukaan itu. lokasi FOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.