AGAR KASTUBA TETAP INDAH SEPANJANG TAHUN

Tanaman ini kerap dijadikan penghias cantik Natal dan tahun baru. Lalu, setelah Natal usai, apa yang harus dilakukan?

Rumah - - EKSTERIOR - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com

Tanaman kastuba atau dikenal juga dengan nama poinsettia masih menduduki peringkat teratas sebagai salah satu tanaman favorit sepanjang musim Natal dan tahun baru. Semburat merah menyalanya membuat poinsettia cocok menjadi pengisi dekorasi di kala Natal tiba. Tidak heran tanaman bernama latin Euphorbia pulcherrima ini dijuluki christmas FLOWER.

Kini, lewat pengembangan yang terus dilakukan muncullah hibrida-hibrida baru yang membuat kastuba hadir dalam aneka warna, seperti kuning pastel, pink, hijau pastel, putih, dan lainnya. Sehingga, kastuba tidak hanya dilirik sebagai penghias di hari Natal tapi juga tahun baru dan hari raya Imlek.

Pertanyaan yang kemudian mengusik adalah bagaimana cara menjaga agar kastuba tetap berbunga indah di tahun berikutnya? Jawabannya tentu dengan memberi asupan nutrisi yang cukup. Lalu caranya? Nah, berikut ini kami sajikan langkahlangkah perawatan yang harus dilakukan di setiap bulannya, agar berbunga kembali di musim mendatang. Tentu, saat proses perawatan berlangsung, Anda harus sabar dan telaten. (Dari berbagai sumber)

JANUARI – MARET

Lakukan penyiraman setiap kali permukaan tanah kastuba kering. Lakukan maksimal 2 kali sehari.

Agustus

Di pertengahan Agustus, bagian batang sudah harus memiliki cabang dan daun. Sekali lagi, pijat-pijat atau potong batang baru, tinggalkan 3-4 daun di setiap tunas. Letakkan kembali di ruangan terpapar sinar matahari. Lanjutkan tahap penyiraman dan pemupukan secara rutin.

september

Lanjutkan proses pemupukan dan penyiraman. Pastikan temperatur ruang berada di atas suhu 18°C.

Juli April

basement,ba la m me are

d jad pem terl

oktoberokto mei

Di pertengahan bulan Mei, potonglah bagian batang sepanjang kira-kira 10cm, pindahkan ke pot baru yang lebih besar dengan media tanah yang baru, kemudian siram. Tempatkan pot di dekat jendela dan sekali lagi jaga temperatur di suhu 18-25oc. Lanjutkan penyiraman bila permukaan tanah terasa kering. Perhatikan pertumbuhan barunya. Saat pertumbuhan baru mulai terlihat, lakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali dengan pupuk yang mengandung 3 unsur utama misalnya NPK (nitrogen, fosfor, dan kalium).

Kastuba adalah jenis tanaman yang berbunga di waktu-waktu tertentu. Pertumbuhan tunasnya dipengaruhi oleh panjangnya waktu siang. Untuk berbunga saja, kastuba membutuhkan paparan sinar matahari selama 10 minggu dengan waktu kurang dari 12 jam setiap harinya dengan waktu ideal pukul 9 pagi hingga 4 sore. Sebenarnya, tanaman ini tidak secara alami berbunga di saat Natal, sehingga Anda harus melakukan trik rekayasa untuk membuat warna daun muncul optimal.

Di awal Oktober, Anda harus meletakkan tanaman ini di tempat yang gelap dan tertutup dari pukul 5 sore hingga 8 pagi. Jangan sampai ada cahaya yang masuk. Gunakan penutup hitam pekat untuk mencegah cahaya masuk. Di luar jamj m itu, pindahkan kembali tanaman ke area terbuka yang terkena paparan sinar matahari. atahari. Lanjutkan proses penyiraman dan pemupukan secara rutin. FIVIF IDROOM

November

Sekitar akhir November, hentikan perawatan di tempat gelap dan letakkan kembali tanaman di dekat jendela. Di tahap ini kuncup bunga sudah mulai terlihat.

Sering-seringlah meletakkan kastuba di area terbuka. Tempatkan ia di tempat yang teduh dan selalu perhatikan jadwal penyiraman dan pemupukan agar tidak terlewat.

Di awal Juli, pijat-pijat/ tekan setiap batang dengan jarak 2,5 cm. Hal ini bertujuan untuk mendorong batang tumbuh kokoh dan gemuk. Bila tidak dipijat batang akan tumbuh tinggi dan kurus. adal

Secara bertahap mulailah kurangi intensitas penyiram penyiraman, biarkan tanaman dalam kondisikon kering. Bila batang sudah mulai mengerut, ini adalah tanda tanam tanaman mengalami stres dan sedang seka sekarat. Dalam 1-2 minggu, saatsa tanaman sudah terb terbiasa dengan kondisi ke kering, pindahkan ia di tempat bersuhu di dingin, seperti garasi, atau ruang lain yang bersuhu maksimal 18°C.

ILUSTRASI

Foto JOU ENDHY

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.