ALUMINIUM VENEER JENIS BARU KAYU TIRUAN

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Banyak orang menyukai kayu karena tampilannya yang khas, alami, dan menghadirkan suasana hangat dalam ruang. Namun, kesediaannya yang semakin terbatas, membuat kayu solid semakin sulit didapatkan. Bila ada, harganya pun mahal. Tak heran bila banyak produsen furnitur yang saat ini mulai berinovasi menggantikan material kayu dengan material lainnya yang seakan serupa tapi tak sama, salah satunya aluminium berwajah kayu. Sebenarnya, kalau ditilik ke belakang, aluminium yang mirip kayu sudah ada sejak beberapa tahun belakangan ini. Namun motif kayunya dibentuk dengan menggunakan teknik coating powder sehingga kesan “aluminium”-nya masih terasa. PT Aluveen Architectural menawarkan sebuah solusinya, yakni dengan menggabungkan dua bahan baku, yaitu aluminium dan kayu.

Tampilan Kayu Sebenarnya

Aluveen, yang berasal dari kata aluminium dan veneer, merupakan jenis kusen atau partisi berbahan dasar aluminium dengan lapisan veneer kayu. Teknologi melapisi aluminium dengan veneer kayu ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Material ini memiliki fleksibilitas desain untuk pintu, jendela, maupun kebutuhan interior lainnya dengan berbagai pilihan bentuk.

Dengan irisan tipis dari kayu pilihan, veneer kayu memberikan tampilan kayu yang sebenarnya. “Dengan tanpa adanya sambungan material kayu, maka motif atau corak serat kayu yang alami akan terlihat keasliannya. Hal ini sulit diwujudkan apabila menggunakan kayu solid, di mana pada bagian sambungan tidak bisa dihindari,” ujar Lioe Jansen, marketing PT Aluveen.

Aluveen dibuat dari satu batang pohon sehingga dapat diperbanyak dalam jumlah besar. Dari sifat struktural satu batang pohon maka motif dan corak kayu

Tampilan aluminium veneer menyerupai kayu asli.

aluminium veneer juga bisa diterapkan untuk partisi.

FOTO DOK. aluveen

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.