DAPUR VINTAGE BERPINTU KREPYAK

Krepyak untuk dekorasi dinding sudah biasa? Tapi bagaimana bila krepyak dijadikan material utama untuk kabinet dapur? Hal inilah yang dilakukan Luthfi Hasan pada dapur miliknya.

Rumah - - INTERIOR - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com FOTO VICTOR ADIANGGARA

Dulu, krepyak sempat berjaya di masanya. Kayu berkisi-kisi ini kerap dijadikan material pintu atau jendela di hampir setiap rumah. Kini, elemen interior ini kembali menjadi tren. Bila Anda perhatikan, saat ini banyak kafe yang menerapkan krepyak sebagai elemen dekorasi, entah untuk dekorasi dinding atau pun plafon.

Namun, konsep berbeda diterapkan oleh Luthfi Hasan, penggagas sekaligu pemilik usaha Jakarta Vintage. Alih-alih menjadikannya dekorasi dinding, ia justru menggunakan krepyak sebagai material pintu untuk kabinet dapur miliknya. Seluruh pintu dapur menggunakan krepyak, baik krepyak dari kayu bekas yang didaur ulang maupun krepyak dari kayu baru yang dibuat seolah “jadul”. Luthfi pun berbagi tip sukses dalam merancang dapur krepyaknya.

KEDIAMAN KEL. LUTHFI HASAN, CINERE, JAKARTA SELATAN

Sebelum memilih menggunakan krepyak, pastikan Anda telah mengantongi tema besar untuk dapur Anda. Dapur ini mengusung konsep dapur vintage, sehingga untuk mendapatkan kesan vintage yang maksimal, krepyak dipilih sebagai material utamanya. Ya, krepyak memang selalu berhasil membawa kesan masa lalu ke dalam interior masa kini. Agar kesan vintage semakin terasa, krepyak diberi sentuhan rastik. Caranya, setelah dicat ulang—bisa menggunakan cat kayu atau cat tembok—permukaan krepyak diampelas secara acak. Setelah itu, Anda bisa melapisinya lagi dengan finishing bening sebagai pelindung. Bila Anda tidak menemukan krepyak yang sesuai dengan ukuran pintu kabinet dapur Anda, Anda bisa membuatnya sendiri di jasa pembuatan furnitur. Jangan lupa berikan sentuhan rastik pada krepyak yang Anda buat, agar kesan jadulnya tetap terasa. Hadirkan aksesori pendukung untuk memperkuat konsep vintage di dapur Anda. Misalnya, menggantungkan piring atau nampannampan tempo dulu. Kombinasikan desain kabinet Anda dengan beberapa model agar tak terkesan monoton. Misalnya, model laci berhandel dengan krepyak, atau model pintu kaca dengan krepyak. LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.