MENGUSIR TUNGAU DI RUMAH!

Bagi Anda yang suka merasa gatal saat tidur, mungkin si tungau sedang menjalankan aksinya. Ayo, basmi sebelum mereka semakin betah menghuni rumah Anda.

Rumah - - BERSIH-BERSIH - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Sering menemukan bintikbintik merah saat bangun di pagi hari? Coba deh cek kebersihan kasur Anda. Bila tak menemukan kejanggalan bisa jadi ada semacam binatang kecil yang tengah menghuni kasur Anda. Ya, tungau. Hewan bertungkai delapan ini sangat gemar bersembunyi dan membuat markas di tempat tidur, sofa, atau karpet. Ukurannya cukup mini sehingga terkadang tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Namun, efek pada kulit sangat terasa, seperti muncul bintik-bintik pada kulit. Bila jumlahnya banyak, tungau dapat membuat kulit korbannya ruam (merah-merah) dan terasa sangat gatal seperti terserang alergi. Menurut Sionita Simbolon, salah satu penggagas Hygene Police, jasa pembersih tungau, untuk Anda yang sangat sensitif terhadap udara, maka kotoran tungau dapat menyebabkan gejala bersin dan batuk. Bahkan bila kasurnya sudah sangat kotor, akan memicu tumbuhnya kutu kasur (bedbug) yang ukurannya lebih besar dari tungau.

Oleh sebab itu, bila Anda sudah menemukan gejala seperti ini, segera lakukan pembersihan kasur, sofa, atau karpet Anda. Saat ini, jasa pembersih kasur dari tungau sudah banyak bermunculan di media online, seperti Hygene Police dan Hydro Clean.

Wulandari Handini, salah satu penggagas Hygene Police, mengungkapkan tungau menjadi salah satu penyebab utama alergi pada kulit. Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk membersihkan kasur atau sofa setiap 3—6 bulan sekali untuk kulit normal dan 1-2 bulan sekali untuk kulit sensitif.

Hygene Police menggunakan alat berteknologi HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang dapat menangkap kuman dan menggunakan penyaring air sehingga lebih efektif dalam menangkap kuman dan debu. DOK. HYGENE POLICE

Proses pembersihan tungau yang dilakukan Hygene Police.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.