DAPUR TRENDI MASA KINI

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Masih ingat serial The Cosby Show? Serial yang popular di tahun 90-an itu kebanyakan ber- setting di sebuah dapur. Di dapur itulah anggota keluarga bercengkrama, mengobrol, curhat, atau sekadar sarapan bersama.

Atau jika Anda tak kenal serial lawas tersebut, Anda bisa menonton serial-serial keluarga lainnya buatan Barat, yang ada di televisi Anda. Pasti Anda akan menemukan setting yang hampir mirip dengan serial The Cosby Show, di mana seluruh kegiatan keluarga ada di seputaran dapur. Dapur jadi sentral rumah.

Gaya seperti itulah yang sedang digemari oleh masyarakat di Indonesia, khususnya di kotakota besar. Dapur tidak lagi hanya sebuah tempat untuk mengolah hidangan, ia berubah fungsi menjadi tempat bercengkrama yang nyaman.

Salah satu yang mengadopsi gaya ini adalah Wilopo Rusmaraji dan Windry, pasangan arsitek yang sering merancang dapur. Menurut mereka, dapur kini bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Orang-orang, termasuk mereka dan kebanyakan klien mereka, menggunakan dapur sebagai bagian dari ruang tamu dan ruang keluarga, sehingga dapur harus dibuat senyaman dan semenarik mungkin.

Hal serupa diungkapkan oleh Stephanie, pemilik rumah yang juga seorang desainer interior. Menurutnya, pengaruh film dan ruangan yang sempit menjadi alasan orang untuk mengubah dapurnya menjadi tempat berkumpul keluarga dan temantemannya. “Apalagi, sekarang lagi trennya masak bareng. Jadi sambil masak, ngumpul juga.”

Karena fungsi baru itulah, dapur kini tidak lagi disembunyikan. Ia diletakkan di tempat terbuka, biasanya menyatu dengan ruang keluarga. Bahkan ada yang membuat dapur di area depan rumah, yang dulu jelas-jelas tabu untuk dilakukan.

MESTI TERLIHAT INDAH

Karena dapur dilihat orang lain, dapur harus dibuat indah. Artinya, dapur mesti didesain dengan baik, serta ditunjang dengan pencahayaan dan aksesori yang menarik. Penyimpanan juga harus direncanakan dengan cermat sehingga dapur terlihat selalu rapi.

“Masyarakat sekarang mulai peduli dengan penampilan dapurnya. Selain karena dapurnya terlihat bagus, juga biar bisa narsis,” tutur Stephanie. Keberadaan media sosial sekarang ini membuat orang berlomba-lomba membuat dapur indah dan trendi. Jika dapurnya menarik, mereka tak segan-segan mengunggahnya dan memamerkannya di media sosial mereka.

WARNA PUTIH DAN PASTEL MERAJALELA

Bagaimana gaya dapur trendi? Gaya yang modern dengan banyak kaca atau gaya dapur yang penuh warna sudah ditinggalkan para pemilik rumah. Sekarang ini, gaya yang digemari adalah gaya-gaya yang mengadopsi gaya scandinavia ataupun shabby chic, dengan warna putih atau pastel. Ya, warna pastel dan putih adalah warna yang dianggap trendi saat ini, dan amat digemari pemilik rumah. “Hampir semua klien kami meminta dapur berwarna seperti itu,” tutur Wilopo.

Wilopo mengatakan bahwa keberadaan furniture store dari luar negeri turut memengaruhi image dapur kekinian. Banyak orang yang berkiblat pada tokotoko tersebut, baik dari segi desain, warna, hingga aksesori seperti handle, ambalan, rak gantung, dan sebagainya.

Media sosial lagi-lagi juga memengaruhi image trendi sebuah dapur. Jika ada dapur yang dianggap menarik, semua orang akan mengikutinya dan ujungujungnya gaya dapur tersebut jadi diminati banyak orang.

PERHATIKAN ELEMENNYA

Bagaimana cara membuat dapur menjadi trendi? Selain warna dan desain, Anda bisa memilih 5 elemen pembuat dapur jadi terlihat trendi. Elemen tersebut berupa backsplash, table top, aksesori, pencahayaan, dan dekorasi. Jika memungkinkan, Anda bisa memasukkan 5 elemen ini ke dalam dapur Anda. Jika tidak memungkinkan, pilih dua hingga tiga elemen yang mendominasi di dapur, misalnya backsplash. Atau jika dinding dapur Anda cukup mendominasi, Anda bisa bermain tipografi untuk membuat dapur Anda jadi terlihat trendi.

Di lima halaman berikutnya, akan kami sajikan ulasan tentang kelima elemen tersebut dan tentunya disertai 4 buah inspirasi yang menarik. Selamat membuat dapur trendi!

LOKASI KEDIAMAN KELUARGA ANDINA, PONDOK BAMBU, JAKARTA TIMUR DESAIN SUSAN EMIR, RUMAH SABINE

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.