AWAS! LEPTOSPIROSIS MENGINTAI DI KALA BANJIR

Hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Waspada akan banjir sudah pasti. Bila sudah banjir tetap tingkatkan kewaspadaan Anda, karena penyakit leptospirosis siap mengintai Anda.

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com

Leptosirosis merupakan salah satu penyakit yang menyerang di kala banjir datang. Penyebab penyakit ini adalah bakteri leptospira yang ditularkan melalui kotoran dan air kencing (urin) hewan, seperti anjing, kelinci, tikus, ular, burung, serangga, kodok. Namun, bakteri ini paling sering ditemui di tubuh tikus. Seseorang yang memiliki luka di salah satu bagian tubuhnya, lalu luka tersebut terendam banjir yang telah bercampur dengan kotoran dan kencing tikus akan mudah terserang leptospirosis. Tidak hanya itu, penyakit ini juga dapat menginsfeksi mereka yang melakukan kontak langsung dengan tanah, tanaman, atau air yang telah terkontaminasi urin tikus. Lalu, bahaya apa yang akan ditimbulkan penyakit ini? Simak ulasannya berikut!

Gejala infeksi leptospira terjadi dalam 2-12 hari setelah terpapar bakteri. Gejala tahap awal yang dirasakan penderita di 2-7 hari pertama, adalah:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.