BANJIR, WASPADAI PENYAKIT INI!

Tinggal di kawasan rawan banjir? Waspadai penyakit berikut!

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com FOTO ARIF BUDIMAN

Beberapa waktu lalu, hujan deras mengguyur kota Cirebon, Jawa Barat. Hujan deras tersebut menimbulkan banjir dengan kedalaman 2,5—3m yang merendam 5 desa di Kecamatan Gerbang. Ya, hujan berpotensi banjir seolah menjadi ritual awal tahun yang kerap melanda kotakota di Indonesia. Hujan yang menimbulkan banjir tentunya harus diwasapadai. Pasalnya, banjir membawa kuman penyakit yang dapat mengancam kesehatan keluarga Anda.

Bahkan menurut Dien Ernawati, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, bibitbibit penyakit justru banyak bermunculan ketika banjir telah usai. Bakteri dan virus pembawa penyakit, bertebaran di sekeliling bangunan, terutama hunianhunian yang menjadi korban bencana banjir. Tak hanya melalui air saja, bibit-bibit “jahat” tersebut dapat menempel di furniturfurnitur, lantai, dinding, pintu, bahkan menyebar melalui udara yang ada di sekitar Anda.

Saat banjir, ada beberapa penyakit yang perlu Anda waspadai. RUMAH akan memberikan ulasan singkat mengenai penyakit-penyakit tersebut berikut cara pencegahan dan pengobatannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.