MENGGABUNGKAN DUA RUMAH BERUKURAN 21M2

Rumah - - KONSULTASI - Diasuh oleh: ARSITEK Wijoyo Hendromartono Anda punya masalah seputar pengembangan rumah? Layangkan pertanyaan sejelas mungkin dan sertakan denah asal rumah ke RUMAH melalui surat ke alamat Jl. Raya Panjang No. 8A Gedung Unit 1 Lt 6 Jakarta 10270 atau mela

TYth. Bapak Wijoyo Perkenalkan, nama saya Dian Hapsari Ekaputri atau biasa dipanggil Putri, salah satu penggemar Tabloid RUMAH. Saya dan suami rencananya akan merenovasi rumah dan membutuhkan saran dari Bapak.

Rumah kami sekarang merupakan gabungan dari 2 (dua) rumah dengan luas bangunan tiap rumahnya adalah 21m2. Jadi, jika ditotal luas bangunan rumah kami adalah 42m2 (bangunan aslinya).

Sementara untuk tanahnya, rumah pertama memiliki luas 72m2 (6m x 12m) dan rumah kedua memiliki luas 86m2. Adanya perbedaan luas karena rumah kedua berada di hook dan agak melebar ke belakang.

Kedua rumah kami berdempetan dan dinding pemisahnya sudah dilebur menjadi satu. Kami sudah pernah merenovasi rumah ini sekali, tetapi belum seluruhnya. Sebagian dari kondisi rumah ini masih bawaan asli.

Rencananya, kami ingin merenovasi lagi dengan mengubah fasad rumah, menambah ruangan di lantai utama, dan menambah ruang di lantai kedua. Yang kami inginkan dari desain rumah tersebut nantinya adalah sebagai berikut. Kami ingin fasad rumah yang tidak monoton dengan konsep yang terkesan minimalis. Selain itu, kami ingin fasad rumah kami terlihat satu rumah dan bukan dua rumah.

Lantai utama rencananya akan kami renovasi dengan menambah 1 kamar tidur, gudang, musala, dan garasi. Dengan penambahan ini, apakah memungkinkan untuk mempertahankan halaman depan dan sebagian halaman belakang sebagai taman? Kami ingin rumah tetap terlihat terang dan bagus sirkulasi udaranya.

Jika kami ingin menambah lagi satu lantai di bagian belakang (di atas dapur dan teras), bagaimana bentuk desain yang disarankan? Rencananya di area ini kami akan menambah satu kamar tidur, ruang cuci dan jemur, serta kamar mandi. Berapa total biaya renovasi rumah kami? Denah rumah kami lampirkan ya Pak. Terima kasih sebelumnya atas saran Bapak. Hormat kami, Dian Hapsari Ekaputri Bogor

JMbak Putri yang baik,

Terimakasih atas kiriman pertanyaannya serta tetap setia menjadi pembaca Tabloid RUMAH.

Masalah utama dalam merenovasi dan menggabungkan dua buah rumah atau bangunan yang biasa dihadapi adalah adanya perbedaan ketinggian lantai pada saat dinding pembatas dibuka. Ditambah lagi dengan tidak bertemunya nat lantai keramik. Sehingga pada umumnya seluruh lantai yang bertemu harus diganti.

Namun, karena Anda juga berniat merenovasi ulang dan menjadikannya renovasi besar (dengan menambahkan lantai 2) tentunya pekerjaan mengganti penutup lantai harus dilaksanakan juga pada seluruh rumah Anda di lantai 1 ini.

Sesuai dengan ketentuan membangun di hoek, Anda tetap harus menyediakan ruang terbuka sebagai Garis Sempadan Bangunan (GSB), sebagaimana seharusnya di lahan depan rumah. Namun kalau saya mengikuti gambar Anda, sepertinya batas GSB yg ada relatif lebih kecil daripada GSB depan. Dengan adanya keterbatasan ini, maka kebutuhan ruang yang Anda minta untuk semua berada di lantai 1 tidak akan memungkinkan, sehingga dengan sendirinya harus saya letakkan di lantai 2. Anda tentu lebih membutuhkan ruangan yang cukup nyaman luasnya daripada ruangan sempit dan berdesakan, bukan?

Jadi perubahan yang ada di lantai 1 adalah saya memperluas ruang tidur 1 menjadi ruang tidur utama, sekaligus menambahkan ruang pakaian ( walk-in closet) sebagai pelengkap kamar mandi dalam yang ada.

Dapur saya pindahkan ke sisi kanan, sehingga dapur ini akan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dan juga memiliki akses sendiri sekaligus sebagai pintu masuk samping atau akses servis.

Dengan keadaan seperti ini, Anda akan memiliki ruang tamu/ ruang keluarga dan ruang makan yang terbuka dan lebih luas. Apalagi, dengan memberikan bukaan ke ruang taman dalam di belakang ruang ini akan lebih nyaman dan luas.

Disamping itu, dengan adanya lantai 2 tentunya perlu ruang untuk meletakkan tangga sebagai penghubung antara lantai 1 dan lantai 2. Desain tangga U yang saya berikan memungkinkan Anda bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai ruang penyimpanan terbuka. Atau, Anda bisa memindahkan pintu utama menjadi di bawah tangga, apabila Anda tidak menyukai pintu yang langsung terbuka ke arah bukaan taman.

Di lantai 2 yang semula Anda hanya menginginkan adanya 1 ruang tidur, bisa menjadi 2 ruang tidur. Kamar mandi tambahan bisa untuk kamar mandi bersama. Ruang sholat beserta tempat wudu bisa berada di atas ruang tidur utama bersebelahan dengan gudang seperti yang Anda butuhkan.

Seandainya Anda membutuhkan ruang tidur untuk asisten rumah tangga, ruang sholat dapat berubah fungsi menjadi ruang asisten rumah tangga, sedangkan ruang wudu bisa diperkecil dan dibagi 2 menjadi kamar mandi servis dan tempat wudu. Gudang pun bisa diubah fungsinya menjadi ruang sholat.

Ruang jemur yang berada di atas dapur akan memudahkan pekerjaan cuci jemur. Karena letaknya di hoek, sirkulasi angin dan matahari akan lebih terbuka untuk pakaian yang dijemur.

Anda juga akan memilki ruang keluarga yang lebih luas dan nyaman di lantai 2 ini, seandainya Anda sering berkumpul bersama keluarga. Ruang keluarga di bawah bisa lebih sebagai ruang tamu. Disamping itu, adanya balkon dengan bukaan luas dapat menjadikan ruang keluarga ini menjadi ruangan favorit keluarga Anda.

Jika Anda bermaksud menambah carport (bukan garasi), Anda bisa menambahkan perkerasan di halaman depan, dan posisi kendaraan bisa diatur melintang dengan memberikan bukaan pagar yang lebar untuk memudahkan manuver kendaraan. Menambahkan garasi (tertutup) tentunya akan mengurangi kebutuhan dan luas ruang yang ada.

Tampak bangunan yang saya berikan adalah modern tropical. Bukaan-bukaan seluas mungkin, sehingga rumah Anda seolah seperti rumah kaca. Atap datar yang saya berikan dengan tambahan jendela atas ( boven

licht) berupa kisi-kisi adalah pengganti lubang angin pada atap konvensional.

Fungsinya untuk sirkulasi udara, agar udara panas dari dalam dapat keluar dari situ, sehingga ruangan tidak menjadi panas karenanya. Udara di Bogor yang masih cukup sejuk memungkinkan rumah Anda untuk tidak harus memasang penyejuk udara di seluruh rumah.

Demikian jawaban dan usulan desain yang bisa saya berikan. Semoga Anda berkenan dan dapat menjadi inspirasi untuk merenovasi rumah Anda.

Salam.

DENAH LT. 1 1. Carport 2. Teras 3. Ruang tamu/ruang keluarga 1 4. Ruang makan 5. Dapur 6. Ruang tidur utama 7. Walk-in closet 8. Kamar mandi utama 9. Ruang tidur 1 10. Kamar mandi 1

DENAH LT. 2 11. Ruang keluarga 2 12. Ruang tidur 2 13. Ruang tidur 3 14. Kamar mandi 2 15. Ruang sholat 16. Ruang wudhu 17. Gudang 18. Balkon 19. Ruang cuci dan jemur

TAMPAK DEPAN

TAMPAK SAMPING

DENAH SEBELUM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.