Demam Berdarah

Rumah - - RUMAH SEHAT -

Saat banjir surut dan suhu udara menurun, maka saat itulah nyamuk Aedes aegypti membuat koloni. Genangan air merupakan tempat favorit mereka berkembang biak. Nyamuk ini menyebabkan demam berdarah dengue (DBD) yang berisiko kematian.

Gejala

Demam tinggi, sakit kepala, nyeri di belakang mata, nyeri pada sendi dan tulang, mual, muntah, muncul ruam atau bintil-bintil merah pada kulit, dan penurunan trombosit.

Pengobatan

Biasanya penderita DBD memerlukan gizi yang baik dan istirahat yang cukup. Proses pemulihan berlangsung selama 2 minggu. Untuk mencegah dehidrasi akibat demam dan muntah, berikan tambahan cairan tubuh lewat minuman. Sebaiknya, penderita DBD ditangani di rumah sakit agar proses penyembuhan menjadi lebih optimal.

Pencegahan

Setelah banjir surut, segera bersihkan genangan air hingga kering dan tak tersisa. Kuras penampungan air, tutup rapat tempat pempungan air, memanfaatkan kembali barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, menamburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air, dan sebagainya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.