MATERIAL AMAN untuk Carport

Carport akan menjadi tumpuan bagi kendaraan Anda. Maka, carport haruslah dibangun pada lantai yang kokoh untuk menahan beban kendaraan.

Rumah - - FRONT PAGE - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Lantai carport merupakan elemen penting yang wajib diperhatikan saat membangun sebuah carport. Selain konstruksi lantai, hal berikutnya yang tak kalah penting adalah material penutup lantai. Ada beragam jenis material penutup lantai yang tersedia di pasaran, mulai dari beton cetak hingga keramik. Masing-masing material memiliki tampilan serta keunggulan yang berbeda.

Jika Anda hendak memilih material penutup lantai carport, pastikan permukaannya bertekstur kasar sehingga tidak licin saat tersiram air. Selain itu, pilih bahan yang memiliki daya tahan yang kuat karena akan menahan beban kendaraan. Terakhir, pertimbangkan pula tentang perawatannya. Pilih yang perawatannya mudah dan tidak mudah kotor.

Menurut Wijoyo Hendromarto, arsitek, material yang digunakan pada lantai carport sebaiknya jangan yang licin, namun tetap mudah dibersihkan. “Bisa pakai lantai beton ekspos, koral sikat, atau paving block,” ucapnya.

Wijoyo menambahkan, apabila Anda menggunakan keramik, usahakan pilih keramik yang permukaannya rata, namun tidak mengilap ( unpolished) sebab keramik yang permukaannya tidak rata ( rock tile, menyerupai potongan batu alam) akan mudah menyimpan kotoran dan sulit dibersihkan.

Nah, berikut ini beberapa jenis pelapis lantai yang bisa Anda terapkan pada carport di rumah Anda.

FOTO TAN RAHARDIAN LOKASI: KEDIAMAN HANDOYO LIM – ANIEK K, KLASTER LANTANA GARDEN, JAKARTA GARDEN CITY, CAKUNG, JAKARTA

FOTO TAN RAHARDIAN LOKASI RUMAH DI BINTARO, JAKARTA SELATAN

Bila ingin menggunakan kermik sebagai pelapis lantai carport, pilihlah keramik dengan tekstur kasar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.