RUMAH MUNGIL KREASI SENDIRI

Lahan yang terbatas bukan berarti rumah tidak bisa tampil menawan. Lihat rumah mungil ini, tampilan cantik tak mengenal luasan.

Rumah - - FRONT PAGE - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Cukup mudah mengenali rumah mungil yang cantik ini. Sang pemilik menghiasi fasad rumahnya dengan apik lengkap dengan taman mungil yang manis. Inilah rumah pasangan Ruddy Rusandy (42) dan Hera Susanti (41). Menurut Hera, tak ada tema khusus yang ia aplikasikan pada rumah ini. Ia hanya memadukan pernik dekorasi dan pilihan warna yang unik pada ruang-ruang di rumahnya.

“Saya pilih warna hijau zaitun dan merah marun karena kesannya yang mewah tapi tidak norak,” ungkap Hera. Pantas saja, hampir seluruh ruang di rumah ini didominasi kedua warna tersebut. Supaya tidak terkesan gelap, Hera menambahkan beberapa titik lampu untuk menerangi sekaligus memberikan kesan hangat pada rumah.

MINIM SEKAT

Masalah utama ketika mendekorasi rumah mungil tentu soal ukuran yang sempit. Hal ini juga menjadi perhatian Hera ketika menghias rumahnya. Untuk menyiasatinya Hera membuat ruang demi ruang di dalam rumahnya hadir tanpa dinding pemisah yang masif. “Biar terasa lebih plong,” ujar Hera.

Selain minim sekat, rumah dua lantai ini juga menggunakan tangga berukuran ramping. Dengan begitu area tangga hadir lebih sederhana dan lebih hemat ruang. “Tadinya sempat khawatir pakai tangga dengan model seperti ini, tapi ternyata tampilannya bagus juga dan tetap aman,” ungkap wanita pecinta kucing ini.

DARI HOBI JADI BISNIS

Bila diperhatikan, hampir tiap sudut di rumah ini terdapat pajangan dinding dengan berbagai gambar. Rupanya Hera membuat sendiri semua pajangan tersebut. Mulai dari yang berbentuk bingkai biasa hingga yang berupa talenan hias. Hobi membuat dekorasi rumah ini ternyata baru saja digeluti Hera. Karena hobinya ini, Hera kemudian mencoba peruntungan untuk menjual pernik dekorasi buatannya ini.

Selain dekorasi dinding, Hera juga punya bakat melukis

dan ia tuangkan untuk dekorasi rumahnya. Hera menghias beberapa sudut rumahnya dengan lukisan cantik yang sederhana. Tak perlu pakai cat yang mahal, Hera menggunakan cat dinding biasa untuk melukis dinding rumahnya ini. Beruntungnya lagi, sang suami juga punya bakat yang sama. Pasangan suami istri ini juga menghias tembok di depan rumah mereka untuk penghias sekaligus penanda rumah mereka.

“Saking semangatnya suami saya sampai begadang menyelesaikan lukisan depan rumah yang cukup besar,” kata Hera sembari tertawa. Ia juga menambahkan, berkat lukisan tersebut rumah mungilnya ini jadi tampil beda di banding rumah lain di dalam klasternya. Unik!

Tembok yang tadinya memisahkan ruang tamu dan area tangga sengaja dibobok agar ruangan terasa lebih luas.

Tak banyak elemen dekorasi yang diletakkan di ruang tamu mungil ini. Cukup ambalan sederhana dan beberapa pajangan sebagai percantikan.

Amabalan sederhana seperti ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko pernik interior. Bisa juga Anda buat sendiri menggunakan papan kayu yang dilapisi cat.

dapur tak ketinggalan mendapat sentuhan dekorasi. kali ini hiasan dinding berupa daftar menu dan stiker berbentuk pot menjadi penghiasnya.

sama seperti ruang tamu, ruang keluarga masih didominasi warna merah marun. namun kali ini sofa digantikan karpet untuk menghemat ruang.

Meja makan mungil ini dibuat menyatu dengan dinding dapur. Meja makan jadi lebih hemat ruang dan tampil cantik a la café.

Tampilan fasad rumah mungil ini tampak unik karena pemilik menghiasnya dengan banyak dekorasi dan lukisan mural di dinding.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.