SURGA BUNGA CIHEDEUNG

Saat liburan ke Bandung, tempat mana yang Anda tuju? Factory outlet alias FO atau tempat makan batagor? Coba, deh, sekali-kali Anda melangkahkan kaki ke desa bunga di Cihideung, Lembang. Anda bisa berbelanja bunga sambil memanjakan mata.

Rumah - - EKSTERIOR - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@gramedia-majalah.com FOTO TRI REZEKI DARUSMAN

Bandung terkenal sebagai tempat pelesiran yang komplet. Beragam objek wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, hingga wisata keluarga ada di sana. Namun, ada satu “wisata” gratis yang jarang diketahui orang, yakni wisata belanja bunga di surga bunga Cihideung.

Ya, di Jalan Sersan Bajuri, Kecamatan Parongpong, Desa Cihideung, Anda bisa menemukan surganya bunga. Tempat ini sudah ada sejak 20 tahun lalu, menggantikan peternakan sapi perah yang pernah menjadi idola di sini. Bunga dianggap komoditas unggulan yang lebih mendatangkan keuntungan besar. Makanya hampir seluruh penduduk Cihideung menjadikan bunga sebagai komoditas utama.

Di desa ini, banyak petani yang memiliki perkebunan bunga hias. Sebagian dari mereka menjualnya kepada pemilik toko bunga di berbagai kota, namun sebagian besar memiliki toko bunga sendiri di sepanjang jalan Sersan Bajuri.

Jual aneka Jenis Bunga

Saat memasuki jalan selebar 5 meter ini, Anda bagai masuk ke kebun bunga. Mata Anda akan dimanja oleh deretan toko bunga yang menjajakan bunga berwarna-warni. Apalagi jika Anda datang saat musim bunga mekar, pemandangan di sini tak kalah dengan Keukenhof-nya Belanda. Sejuknya udara di daerah yang terletak di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut ini memang sangat bersahabat dengan tanaman. Bunga-bunga dapat tumbuh sempurna sehingga warnanya tampak sangat indah.

Segala jenis bunga—mulai dari mawar, bougenvill, begonia, azalea, sutra bombay— hingga tanaman daun seperti aglonema dan sansievera, ada di sini. Jika terus ke arah atas, Anda bisa menjumpai penjual tanaman bonsai dan tabulampot. Dan bagi pencinta tanaman air, jangan khawatir. Lotus, apu-apu, teratai, dan berbagai tanaman air lainnya dijual juga di sini. Bahkan ada satu toko yang khusus menjual tanaman besar.

Harga lebih Murah

Aat, pemilik Nusa Indah Flora—yang menjual tanaman air dan tanaman buah— berpromosi bahwa harga tanaman di sini jauh lebih murah daripada di Jabotabek atau kota besar lain. Bahkan menurutnya, banyak penjual bunga di kota lain mengambil dagangannya dari sini.

Senada dengan Aat, Ahmad, pedagang Das Flower yang banyak menjual tanaman bunga, mengatakan bahwa banyak penjual bunga yang mengambil dagangannya dari sini. Menurutnya, rata-rata penjual bunga di sini memiliki kebun sehingga harganya lebih murah dibanding tempat lain. Misalnya saja, mawar lokal. Di sini, mawar jenis ini hanya dijual dengan harga Rp25.000, termasuk pot.

Nah, sekarang punya pilihan baru selain FO dan batagor, kan?

| Edisi 363 • XV • 17 Februari - 02 Maret 2017 tabloidrumah www.rumahguide.id

rumah

Tampak depan salah satu toko. Deretan bunga membuat anda serasa ada di taman bunga!

salah satu tanaman bunga yang digemari, yakni bunga pukul empat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.