PAKAI HITAM? SIAPA TAKUT!

Tak ada salahnya pakai warna hitam di rumah mungil. Asal tahu triknya, warna hitam justru akan membuat rumah mungil makin keren.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Pemilihan warna yang tepat adalah salah satu cara mudah untuk mendekorasi rumah mungil. Rumah mungil dengan ukuran yang terbatas idealnya menggunakan warna putih, sebab mampu memberikan kesan luas. Tapi bukan berarti warna hitam jadi tidak boleh “mampir” di rumah mungil. Dengan penataan yang tepat, warna hitam akan membuat rumah mungil tampil beda. Misalnya di rumah milik Andez Natalin ini.

Andez, begitu ia akrab disapa, sengaja memilih warna hitam karena ingin kesan maskulin di rumahnya. Tapi bukan berarti warna hitam kemudian memenuhi tiap sudut rumah di kawasan Bogor ini. Ia memadukannya dengan warna hijau muda yang segar “Biar enggak gelap, ada motif-motif monokrom juga di perniknya,” kata Andez.

SEGAR DENGAN PERNIK DAN TANAMAN

Warna gelap bila tanpa dekorasi tentu akan tampak suram. Karena itu, Andez memberikan berbagai pernik dekorasi di tiap sudut rumahnya. Mulai dari bingkai, buku koleksi, hingga tanaman dalam rumah. “Sejak tren tanaman indoor, konsep rumah jadi mengarah ke konsep jungalow,” ucap Andez.

Berbagai tanaman penghias ruangan tersebut memang membuat tampilan ruang jadi lebih segar. Agar tidak terlalu ramai, Andez memilih tanamantanaman yang berukuran kecil hingga sedang. Ia juga mengatur peletakkan setiap tanaman. Tanaman dengan ukuran agak besar, diletakkan di sudut ruang yang tak terpakai. Sementara untuk tanaman kecil bisa diletakkan pada ambalan maupun meja.

TITIK LAMPU

Satu hal yang tak kalah penting bila ingin mengaplikasikan warna gelap di rumah mungil adalah penataan lampu. Lampu dibutuhkan sebagai penerangan sekaligus untuk membangun suasana. Di rumah ini, Andez memilih lampu-lampu dengan warna hangat pada area ruang keluarga dan dapur.

Pilihan jenis lampu juga penting. Lampu dengan bentuk yang unik bisa menjadi dekorasi yang bagus untuk rumah mungil. Di salah satu sudut ruang keluarga, Andez meletakkan sebuah lampu sudut yang cukup besar. Meski ukurannya besar, lampu ini tetap cocok karena warnanya yang polos sehingga tidak mendominasi. “Beberapa lampu juga saya bikin sendiri supaya tampilannya lebih cocok ke dalam konsep,” kata Andez. Hitam tak selalu menakutkan, kan?

Bukaan lebar menuju halaman depan semakin memudarkan kesan sempit dari ruangan berwarna gelap. Udara dan cahaya matahari juga jadi lebih mudah masuk menyegarkan rumah.

Pengaplikasian warna gelap di salah satu sisi dinding area tangga. Deretan pigura juga jadi penghias yang cantik di area ini.

Motif dengan warna monokrom hadir menghias tangga. Keranjang: Anyaman Diang Borneo

Warna hitam sengaja tidak memenuhi seisi dinding agar tidak menimbulkan kesan gelap. Wallpaper bermotif dan cat warna hijau muda menjadi selingannya. Dinding: Chalkboard paint Dinding: Wallpaper bermotif Stool: Ikea

Lampu jadi hal penting untuk ruangan berwarna gelap. Pada ruangan makan, Anda bisa memilih lampu gantung sebagai dekorasi. Lampu: Buatan sendiri

Menyeimbangkan warna gelap dengan pernik berwarna putih bisa jadi pilihan untuk menghias area tidur. Lampu awan: Buatan sendiri

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.