30 CERDAS BUANG SAMPAH BERBAHAYA

Banyak sampah rumah tangga yang berbahaya bagi lingkungan. Yuk, sayangi lingkungan dengan cerdas membuang sampah berbahaya!

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com

Saat berjalan-jalan di taman seringkali kita menemukan tiga buah tempat sampah dengan warna yang berbeda. Biasanya tersedia tempat sampah berwarna hijau untuk sampah dapat terurai (organik), warna kuning untuk sampah tidak dapat terurai (anorganik), dan warna merah untuk sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Kebiasaan membuang sampah sesuai jenisnya ini sudah berjalan di negara-negara maju. Bahkan di Jepang misalnya, terdapat 44 jenis tempat sampah! Pembedaan tempat sampah sesuai jenisnya ini bertujuan untuk memudahkan proses daur ulang dan tentunya untuk menjaga lingkungan. Terlebih, banyak sampah anorganik dengan kandungan berbahaya yang kita pakai sehari-hari dan tidak dibuang di tempat semestinya.

Sebut saja sampah baterai, cat, botol obat nyamuk semprot dan sebagainya yang berakhir di tempat sampah menyatu dengan sampah lainnya. Hal ini tentu sangat berbahaya karena kandungan racun yang terkandung dalam sampah bisa mencemari tanah, air dan udara. Belum lagi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk membakar sampah semakin meningkatkan risiko ledakan dari sampah berbahaya yang mengandung gas. Karena itu, ketahui jenis sampah di sekitar kita dan pahami tempat akhir yang terbaik untuk sampah tersebut. Entah dibuang ke tempat yang tepat ataupun diolah menjadi barang daur ulang yang bermanfaat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.