PROSES PERGANTIAN DARI RANGKA KAYU KE BAJA RINGAN

Gede mengungkapkan bila sejak awal Anda menggunakan material rangka kayu dan ingin mengganti dengan rangka atap baja ringan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Rumah - - MATERIAL -

KTAHAP 1 DESAIN ULANG 1. Anda perlu melakukan konversi dari desain awal menggunakan bahan kayu atau baja berat menjadi baja ringan. Acuannya adalah gambar atap bangunan lama (denah ring balk, potongan) beserta spesifikasinya ( jenis penutup atap, berat penutup atap, beban plafon, beban lampu gantung, pemanas air, dan lain-lain) sebagai data yang harus dikalkulasi untuk desain rangka atap baja ringan. 2. Desain dirancang dengan bantuan perangkat lunak yang memadai, yakni yang mampu menghitung beban-beban tersebut dengan baik, mengacu pada aturan bangunan/standar yang berlaku serta dapat menghasilkan gambar kerja yang lengkap agar proses perakitan dan pemasangan bisa dilakukan seakurat mungkin. 3. Hasil dari desain tersebut adalah estimasi jumlah pemakaian

bahan serta gambar kerja sebagai acuan pemasangan KTAHAP 2 PERAKITAN DAN PEMASANGAN 1. Untuk proyek penggantian atap, atap lama harus dibongkar terlebih dahulu.

2. Ring balk yang akan menjadi tumpuan rangka atap baja ringan dipastikan dalam kondisi rata, jika belum rata harus diperbaiki agar hasil pemasangan baik (catatan: diratakan, bukan diganjal dengan bata, karena bata tidak sekuat beton). 3. Lakukan perakitan dan pemasangan dengan jasa pemasang/ installer.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.