Bangun Rumah 2 Lantai Desain simpel Dan modern

Rumah - - KONSULTASI -

TAssalamualaikum Wr.wb., Salam kenal Pak Wijoyo dan Tim Tabloid RUMAH.

Nama saya Hilmi dari Kudus. Pak, saya berencana ingin membangun rumah di lahan seluas 9mx20m Rumahnya menghadap ke Timur.

Untuk kebutuhan rumah yang akan saya bangun adalah sebagai berikut. 1. Kamar tidur utama + kamar mandi 2. Dua kamar tidur 3. Garasi 4. Ruang keluarga 5. Mushola 6. Dapur 7. Kamar mandi 8. Ruang cuci jemur 9. Teras 10. Tandon Air 11. Ruang makan 12. Carport Saya ingin bangunan dibuat sebanyak dua lantai. Tapi, hanya bagian depan saja yang didak sampai carpot . Sementara sisanya atap genting biasa. Untuk yang di atas carport, rencananya akan saya jadikan sebagai tempat santai. Saya minta desain yang simpel dan modern. Demikian permintaan dari saya. Terima kasih buat Tabloid RUMAH dan Pak Wijoyo sebelumnya. Wassalamualaikum Wr. Wb. hilmi Rais, Kudus

JAssalamualaikum Wr. Wb., Mas Hilmi Rais. Salam kenal kembali dan terima kasih untuk kiriman pertanyaannya. Semoga, perkenalan ini dapat menjadi berkah untuk kita bersama.

Sebagai keluarga muda, ada baiknya Anda membuat rumah 2 lantai. Peruntukkannya, lantai 1 dijadikan sebagai ruang kegiatan bersama dan lantai 2 lebih diutamakan untuk ruang pribadi; yaitu ruang tidur anggota keluarga.

Dari daftar kebutuhan ruang yang diminta, Anda menyebutkan carport dan garasi. Berarti asumsinya adalah ada 2 buah mobil yang Anda miliki. Saya lebih memilih mobil diletakkan di carport, sehingga ruang tertutupnya bisa dimaksimalkan. Apabila Anda menginginkan adanya garasi dan carport, berarti akan ada 2 mobil yang tersusun berbaris di garasi dan carport.

Pengalaman yang ada, pemilik rumah akan kerepotan apabila kendaraan yang ada di dalam hendak keluar terlebih dahulu. Selain itu, ruang tertutup untuk kegiatan keluarga akan berkurang dengan sendirinya. Dengan carport yang bisa menampung 2 mobil berjajar akan lebih memudahkan aktivitas Anda sehari-hari. Dari teras depan, Anda akan masuk melalui ruang tamu kecil atau foyer. Ruang ini akan digunakan sebagai ruang transisi dari luar ke dalam, dengan pembatas berupa tangga. Kemudian, ruang keluarga dan ruang makan yang menyatu dengan dapur bersih ( pantry) akan menjadi pusat kegiatan keluarga yang nyaman dan menyenangkan. Ditambah, dengan adanya ruang terbuka dan teras di halaman belakang, akan membuat ruangan ini memiliki sirkulasi udara yang baik.

Dapur yang berada di belakang juga memiliki bukaan ke arah halaman belakang. Di antara kedua ruang ini, akan dipasang pintu geser ( pocket door) yang dapat memisahkan dapur bersih dengan dapur basah.

Di lantai 1 ini, saya meletakkan ruang sholat di depan yang lokasinya berdekatan dengan kamar mandi, sehingga akan memudahkan untuk berwudu dan salat. Selain itu, penempatan ruang salat di depan ini juga untuk memudahkan jikalau ada tamu yang ingin salat juga.

Ruang salat ini sebetulnya bisa juga dijadikan sebagai ruang tidur tamu apabila diperlukan. Anda bisa membuat lemari builtin yang bisa dilipat ke dinding. Tempat ini juga bisa digunakan untuk menyimpan tempat tidur. Saat ini, hardware atau peralatan untuk keperluan itu sudah lebih mudah didapatkan. Jadi, jika Anda kedatangan tamu atau sodara yang menginap ke rumah, Anda telah memiliki tempat khusus untuk mereka.

Untuk ruangan di lantai 2, terdiri dari ruang tidur utama berikut kamar mandinya. Selain itu, ada ruang tidur anak-anak beserta kamar mandi yang dihubungkan sebuah koridor. Apabila Anda perhatikan, ruang tidur tersebut lebih luas dibandingkan dari standar minimal ruang yang biasa Anda lihat pada brosur-brosur perumahan. Sehingga, untuk beraktivitas di dalam ruang tidur pun akan tetap nyaman dan tidak terasa sempit nantinya.

Ruang servis, cuci, dan jemur memiliki akses terpisah dari belakang dapur basah. Selain itu, area ini juga bisa ditambahkan gudang jika Anda mau. Sekiranya di kemudian hari dibutuhkan kamar untuk asisten rumah tangga, ruang terbuka untuk jemur yang masih cukup luas dapat dialihkan untuk ruang tidur lagi. Sedangkan, untuk tandon air, Anda dapat meletakannya di atas gudang .

Demikian jawaban dan gambar yang bisa saya berikan, semoga bisa menjadi inspirasi untuk membangun rumah Anda. Kami akan sangat senang apabila kelak rumah Anda telah jadi, kami diberi kesempatan untuk melihatnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Diasuh oleh: ARSITEK Wijoyo Hendromartono

Anda punya masalah seputar pengembangan rumah? Layangkan pertanyaan sejelas mungkin dan sertakan denah asal rumah ke RUMAH melalui surat ke alamat Jl. Raya Panjang No. 8A Gedung Unit 1 Lt 6 Jakarta 10270 atau melalui

e-mail di redaksi@tabloidrumah.com. Cantumkan kata “Konsultasi” pada amplop surat atau judul e-mail.

LANTAI 2

LANTAI 1

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.