terasa lapang BERKAT CERMIN

Cermin sudah menjadi trik jitu untuk menyiasati ruang mungil. Tapi jangan asal letak. Penempatan yang tepat juga dibutuhkan supaya ruang mungil terasa lebih luas.

Rumah - - FRONT PAGE - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Menata ruang mungil memang butuh trik tersendiri supaya terasa nyaman. Cara paling praktis dan banyak digunakan, tentu dengan memasang cermin. Benda pemantul ini akan menciptakan ilusi seolah ruangan dua kali lebih luas dari ukuran aslinya. Namun, penempatan cermin di ruang mungil tidak selamanya berhasil memberikan kesan luas. Butuh trik tersendiri untuk menempatkan cermin di ruang mungil. Ini dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menempatkan cermin di ruang mungil.

UKURAN CERMIN

Cermin bisa dipasang di dinding rumah maupun pada pintu lemari. Di sini Anda perlu mempertimbangkan berapa ukuran ruang yang Anda miliki untuk memperkirakan ukuran cermin yang tepat. Karena bila cermin terlalu kecil, ilusi kesan luas tidak akan berhasil.

Sebaliknya, bila cermin terlalu besar justru akan mengganggu aktivitas karena tidak sedap dipandang. Cermin untuk memperluas ruang idealnya cukup berukuran tiga per empat dari luas bidang dinding.

TEMPAT MEMASANG

Tempat pemasangan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pasang cermin di seberang jendela supaya cahaya dari luar terpantul ke dalam. Kesan luas tentu makin terasa kalau ruangan mendapat cahaya yang cukup.

Sebaiknya cukup letakkan cermin di salah satu sisi dinding ruangan. Bila terlalu banyak meletakkan cermin , maka kesan luas tidak akan didapat. Seimbangkan juga dengan warna dinding yang dipantulkan cermin. Anda bisa memakai cat berwarna lembut dan hindari penggunaan wallpaper bermotif ramai pada dinding.

CERMIN PANEL

Kendala yang paling sering terjadi saat hendak memasang cermin adalah ukuran cermin yang terlalu besar. Ruangan mungil tentu memiliki area yang terbatas sehingga menyulitkan pemasangan cermin. Mau tak mau ukuran cermin juga harus disiasati sesuai dengan ukuran pintu dan ruang.

Tapi ada cara lain yang bisa dicoba. Yakni menggunakan cermin berbentuk panel-panel. Dengan cermin ini, Anda memang perlu membeli beberapa buah cermin. Nantinya, panel cermin disatukan dengan penyangga hingga membentuk cermin yang besar. Mudah kan?

ESTETIKA

Memasang cermin bukan berarti meninggalkan nilai keindahan di dalam ruang. Pastikan peralatan listrik seperti stop kontak dan sakelar telah ditentukan posisinya sebelum cermin dipasang. Hal ini bertujuan agar tidak ada kabel yang menjuntai setelah cermin terpasang. Anda bisa melubangi cermin seukuran sakelar atau stop kontak. Kemudian pasang rumah sakelar agar tampilannya lebih rapi.

Untuk cermin yang berbingkai, pilih bingkai yang simpel dengan warna polos. Karena ruang mungil akan terasa “berat” bila terlalu banyak motif dan ornamen yang hadir di dalamnya. Jadi, siap menata ruangan mungil Anda?

lokasi KEDIAMAN KONO-MARIANA, APARTEMEN GREENBAY, JAKARTA UTARA ARSITEK FRESCHA OKTAVIA, MASSIMO INTERIOR

Foto ARIF BUDIMAN lokasi APARTEMEN KEMPINSKI, GRAND INDONESIA, JALAN SUDIRMAN, JAKARTA PUSAT DESAINER LEVIN INTERIOR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.