MODERN KONTEMPORER BERBALUT KEHANGATAN

Mengambil konsep modern kontemporer dengan pilihan warna yang serba cokelat, rumah ini terasa lebih nyaman dan hangat.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com FOTO TRI REJEKI DARUSMAN

LUAS BANGUNAN 139M2 LUAS LAHAN 160M2

Konsep modern kontemporer menjadi pilihan Dedy Erwansyah, Planning & Design Deputy Manager Citragarden BMW, dalam mendesain rumah contoh tipe Mahogany di klaster West Wood. Unsur modern terlihat dari desain bangunan yang minim detail. Sementara, kontemporer atau kekiniannya terlihat dari desain rumah yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan lingkungan yang ada di Cilegon.

Dedy mengungkapkan bahwa konsep ini sangat cocok diterapkan di Citragarden BMW. Apalagi, daerah Cilegon lokasinya dekat dengan pantai dan cuacanya cukup panas. Makanya, ia tetap memilih menggunakan genting sebagai penutup atap dan bukan dak beton. Selain itu, perawatan pun akan jauh lebih memudahkan penghuni rumah karena rumah beratap dak rawan bocor.

Untuk menggambarkansisi modern dan kontemporer, digunakan paduan warna abu-abu dan putih.

WARNA COKELAT YANG MENGHANGATKAN

Saat kaki menginjak bagian dalam, kesan hangat terasa. Dedy sadar, warna dapat memberi kesan lebih dari sekadar keindahan. Kehadirannya dalam sebuah ruang dapat memengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Untuk interior rumah ini, cokelat menjadi pilihan Dedy dalam mempercantik tampilan ruang.

Karakter warnanya yang dekat dengan tanah membuat cokelat mampu menghangatkan suasana, menimbulkan rasa nyaman, menenangkan perasaan, dan bisa mendorong komitmen. Untuk alasan inilah mengapa cokelat hampir diaplikasikan di seluruh area, melalui sentuhan kayu,

wallpaper, dan pelapis furnitur lainnya di dalam rumah.

Agar tak monoton dan menambah unsur modern kontemporernya, Dedy menambahkan warna putih dan abu-abu. “Jadi, cokelat memberi kesan hangat dan nyaman, sementara abu-abu dan putih memberi kesan modern,” ucap Dedy. Aplikasi warna ini terlihat baik dari tampilan luar hingga dalam bangunan, kecuali kamar anak yang memang sengaja dibuat lebih berwarna.

LEGA BERKAT BUKAAN DAN MINIM SEKAT

Selain kesan menghangatkan suasana dan menimbulkan rasa nyaman, kesan yang muncul saat pertama kali masuk ke dalam rumah ini adalah lega. Ini berkat minimnya dinding yang membatasi area dalam rumah. Ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, bisa dibilang tanpa sekat.

“Saya memang sengaja memilih konsep desain yang serba terbuka dan minim sekat. Saya tidak ingin merancang rumah yang semuanya berdinding hingga menimbulkan kesan sempit,” ucap Dedy. Hanya ruang yang sifatnya privat, seperti kamar tidur dan kamar mandi, yang sengaja dirancang berdinding solid. Selebihnya, ruang dibiarkan terbuka.

Kesan luas pun semakin sempurna dengan dihadirkannya bukaan berupa pintu dan jendela kaca yang lebar. Apalagi, ia lebih memilih vitrase, bukan gorden sebagai penutup kacanya. Menurut Dedy, selain pencahayaan yang masuk jadi lebih maksimal, ruang dalam pun jadi semakin terlihat lebih luas. Penggunaan kaca juga membuat ruang luar seolah-olah menjadi bagian dari ruang dalam.

ADA BANYAK DETAIL MENARIK

Yang menarik di interior ruang rumah ini, Anda akan banyak menemukan detail unik. Pada ruang keluarga, Anda akan melihat desain seperti bingkai foto yang terpampang pada area panel TV. Bingkai ini untuk memberi kesan manis pada ruang,”ucap Deddy. Pada bagian atasnya, Anda akan melihat permainan plafon yang membuat ruang semakin memukau. Di ruang makan Anda akan menemukai pernik dekoratif di dindingnya. Begitupun dengan ruang kerja, ada penyimpanan yang inspiratif.

Naik ke lantai 2, Anda akan melihat desain-desain headboard yang cantik dan inspiratif. Terbuat dari material plywood, diisi dengan busa, dan di- finishing dengan kain untuk sofa, headboard ini tak hanya cantik tetapi menjadi sandaran yang empuk dan nyaman. Anda bisa bersantai dengan rileks di tempat tidur.

Dengan semua pemilihan konsep desan dan detail yang diperhatikan, rumah pun terasa nyaman.

LOKASI RUMAH CONTOH MAHOGANY, KLASTER WEST WOOD, CITRA GARDEN BMW, CILEGON

Void yang ada di atas area ruang makan ini membuat rumah ini terlihat lebih luas dan lega.

Ada banyak detail yang bisa Anda lihat di area ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga ini.

Penggunaan lantai parket pada area ruang tidur utama ini membuat kamar terasa lebih hangat.

Agar tidak cepat rusak, lemari pada bawah wastafel sengaja didesain dengan sistem gantung.

Pada area dapur terdapat bukaan ke arah luar yang membuat area ini jadi tetap terang saat siang.

Area kamar mandi dirancang dengan konsep yang bersih.

Pada area kamar tidur anak ini, ada sentuhan warna biru yang membuat ruang ini lebih berwarna.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.