6 KASUS RENOVASI PALING POPULER

Apakah Anda memiliki rencana untuk merenovasi dengan menambah atau memperluas beberapa sudut di rumah? Jika ya, kami akan memandu Anda dalam merenovasi kali ini.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA JANGAN DIPAKSAKAN

Renovasi sudah menjadi hal yang lumrah terutama bagi mereka yang membeli rumah dari pengembang. Ini karena rumah yang dibuat pengembang biasanya dibangun berdasarkan standar kebutuhan orang pada umumnya atau disesuaikan dengan bujet dari si pengembang. Padahal, menurut Wijoyo Hendromartono, arsitek dan pengasuh rubrik Konsultasi di RUMAH, rumah merupakan tempat menampung kebutuhan semua penghuni, cita-cita, dan selera pribadi pemilik rumah.

Menurut Wijoyo, walau tak seratus persen sesuai kebutuhan, ada beberapa hal yang menjadi alasan orang membeli rumah dari pengembang. Alasan tersebut mencakup lahan yang semakin sulit dicari, pertimbangan infrastruktur yang sudah tersedia (akses jalan, listrik, saluran air, dan telekomunikasi), sarana dan prasarana umum yang lengkap (rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, pusat kebugaran), serta IMB yang tak berbelit. Biasanya, lingkungan jadi pertimbangan nomor satu.

Setelah merasa cocok dengan lingkungannya, barulah calon pemilik rumah mulai memerhatikan kelayakan di dalam rumah, seperti kebutuhan ruang, konsep desain, serta hal-hal lain yang menyangkut selera penghuni. “Renovasi pun menjadi jalan yang ditempuh banyak orang,” tutur Wijoyo.

Skala renovasi yang dilakukan orang bisa berbeda-beda. Ada renovasi besar (menghancurkan rumah lama dan membangun yang baru), ada juga renovasi yang dilakukan per ruang (misal memperluas dapur atau menambah kamar). Apapun renovasi yang Anda pilih, prinsip utamanya adalah sesuaikanlah dengan bujet yang tersedia. Jika bujetnya cukup besar, Anda bisa merenovasi semua sudut rumah. Tapi jika terbatas, buatlah prioritas ruang yang akan direnovasi. Misalnya, renovasi tahap pertama meningkat demi menambah kamar tidur, renovasi kedua membuat carport, dan seterusnya.

“Intinya, jangan memaksakan semua kebutuhan ruang harus terpenuhi, tetapi pilih yang paling Anda butuhkan,” ucap Wijoyo. Karena, semakin luas ruang yang ingin Anda wujudkan atau renovasi, maka semakin besar juga dana yang harus dikeluarkan.

Untuk mengetahui apa saja kebutuhan dan gambaran terkait renovasi rumah, kali ini RUMAH akan mengulas 6 kasus renovasi yang paling banyak dilakukan orang, yaitu menambah kamar, memperluas dapur, meningkat (mengedak), mempercantik tampak depan (fasad), membuat carport, dan menambah innercourt. Untuk lebih lengkapnya, baca rubrik Laporan Utama ini hingga tuntas!

RUMAH CONTOH PERUMAHAN GRAND NUSA DUA RESIDENCE, GUNUNG PUTRI, BOGOR

LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.