INI YANG HARUS DIPERHATIKAN!

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Menurut Ir. Suwandi Supatra, dosen jurusan Arsitektur Universitas Tarumanegara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin merenovasi rumah agar biaya yang Anda keluarkan tidak membengkak dan hasilnya maksimal.

DESAIN Sebaiknya manfaatkan bangunan lama. Periksa lebih dulu strukturnya. Jika kondisinya rusak berat, sebaiknya bangunan lama dirobohkan, setelah itu baru dibangun kembali.

MATERIAL Material bangunan mengenal kelompok “kelas”, ada kelas A, kelas B, dan kelas C. Untuk material lantai, misalnya, yang termasuk kategori kelas A adalah granit, kelas B homogeneous tile atau keramik merek ternama, dan kelas C keramik merek biasa. Bila bujet terbatas, Anda dapat memilih lantai kelas B daripada kelas A.

WAKTU PENGERJAAN Hindari melakukan renovasi di saat musim hujan, terutama untuk renovasi skala besar yang menggunakan jasa tukang harian. Hujan dapat memperpanjang atau memperlama waktu pengerjaan, sehingga biaya renovasi bisa membengkak sampai 20%. Rugi, kan?

PAKAI TENAGA AHLI Agar hasil maksimal sebaiknya Anda menggunakan tenaga ahli, yaitu arsitek, sehingga renovasi terencana dengan baik dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan. Menggunakan jasa arsitek juga membuat Anda bisa berkonsultasi masalah biaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.