POSISI YANG PALING PENTING

Rencanakan kamar tambahan dengan baik agar renovasi berjalan lancar dengan bujet terpantau.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Renovasi yang paling banyak dilakukan adalah menambah kamar tidur. Biasanya renovasi ini menjadi solusi ketika si kakak mempunyai adik atau anak-anak beranjak dewasa sehingga membutuhkan kamar sendiri. Tidak jarang orang sudah menyiapkan area untuk kamar tambahan ini sejak awal. Seperti yang dialami Tania Goenawan (36), seorang karyawan bank yang tinggal di Jakarta. Ibu dua anak ini sudah merencanakan penambahan kamar anak sejak membeli rumah. Ia sengaja meyisakan lahan di belakang rumah untuk kamar tersebut.

Mungkin akan lebih mudah bagi pemiliki rumah seperti Tania yang memiliki lahan sisa dengan ukuran memadai untuk penambahan kamar. Lain halnya bila lahan yang tersisa sangat terbatas, namun kebutuhan untuk menambah kamar tidak bisa dihindari. Bila sudah begini, solusi yang bisa dilakukan adalah meningkat rumah. Menurut Ajie, arsitek dari Vendor Desain Interior, penambahan kamar dengan memanfaatkan loteng juga bisa dilakukan untuk menekan biaya daripada harus meningkat rumah. “Tapi hal ini juga bergantung dari kondisi loteng, perlu siasat tertentu agar kamar terasa nyaman meski berada di loteng,” kata Ajie. Salah satu proyek Ajie yang menerapkan kamar tambahan di loteng disiasati Ajie dengan penambahan insulasi dan bukaan berupa jendela yang besar untuk sirkulasi udara.

Beralih ke soal biaya, menurut Ajie semua bergantung dari ukuran kamar yang akan dibuat dan pilihan material yang digunakan. Idealnya, sebuah kamar berukuran 3m x 4m. Bila kurang dari ukuran tersebut Anda harus pandai-pandai bersiasat pada pemilihan jenis dan ukuran furnitur. Anda bisa menggunakan furnitur pesanan ( custom) untuk mendapatkan ukuran yang sesuai. Bila khawatir soal bujet pembuatan furnitur custom yang tak jarang membutuhkan biaya lebih tinggi, Anda bisa menyiasatinya dengan pilihan material furniturnya.

POSISI DAN SIRKULASI

Dalam renovasi menambah kamar—khususnya kamar anak— hal yang penting Anda perhatikan adalah posisi kamar anak. Terlebih bila anak Anda masih di usia sekolah dasar, sehingga masih butuh pengawasan orang tua. Idealnya kamar anak berada satu lantai dengan kamar orang tua. Tapi bila tidak memungkinkan, kamar anak di lantai dua juga tidak masalah selama Anda melengkapinya dengan pengamanan yang memadai. Misalnya teralis pada jendela dan desain tangga yang landai.

Setelah menentukan posisi kamar, penting bagi Anda untuk membuat sirkulasi udara yang baik. Sebisa mungkin buatlah jendela dan ventilasi yang memadai untuk jalur masuknya udara dan cahaya matahari. Namun bila kamar tambahan berada di bagian belakang rumah, Anda bisa menyiasatinya dengan memasang exhaust fan di bagian plafon. Dengan begitu kamar akan terasa nyaman dan anak merasa betah berada di dalamnya.

KEDIAMAN PRIMADIANTHO—DITA KUSUMA, FATMAWATI, JAKARTA SELATAN

LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.