UBAH DARI DESAIN STANDAR

Merasa dapur Anda terlalu sempit sehingga tidak nyaman bekerja di dalamnya? Perluas saja, sehingga aktivitas memasak jadi lebih nyaman.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK TAHAP PERSIAPAN

Selain kamar, dapur juga merupakan salah satu ruangan yang menjadi target utama untuk direnovasi. Dapur dianggap menjadi bagian penting di dalam sebuah hunian, karena segala aktivitas mengolah dan menyiapkan makanan dilakukan di area ini.

Bahkan tidak jarang dapur menjadi “sarang” berkumpul dan bersenda gurau dengan anggota keluarga dan kerabat dekat. Oleh karenanya, tak heran bila para pemilik rumah pun mengidamkan dapur nyaman dan cantik agar dapat mendukung kegiatan memasak dan berkumpul mereka.

Namun, area dapur yang disediakan pihak pengembang tak selalu memenuhi syarat dapur idaman. Kadang-kadang lokasinya berada di luar dan desainnya pun standar.

Pemilik rumah sering kali merasa dapur yang dibuat oleh pengembang terlalu sempit. Sehingga, ruang gerak yang dibutuhkan saat melakukan aktivitas memasak jadi tidak bebas, senggol kanan-kiri. Hal ini membuat para pemilik rumah merasa wajib untuk merenovasi dapur mereka dengan cara memperluas dapurnya.

Bila Anda ingin merenovasi dapur, ada beberapa tahap yang harus dilalui, seperti perencanaan, persiapan, eksekusi, dan FINISHING. Menurut Soleh Hadiyana, desainer interior dari Delta Putra Jaya Kontraktor, ada 5 tahap persiapan dalam merancang dapur agar bujet tak membengkak. 1. Tuliskan daftar kebutuhan. Hal ini harus disesuaikan dengan kebiasaan si penggunanya. 2. Tentukan perlengkapan dapur apa saja yang perlu dihadirkan. Misalnya, lemari es, kompor, sink, rak penyimpan, dan sebagainya. Langkah ini akan menjadi penentu seberapa besar ukuran dapur yang dibutuhkan. 3. Membuat skema awal/data awal terkait letak saluran air bersih, saluran air kotor, saluran pengisap udara ( cooker hood/ exhaust fan), instalasi kabel, dan lampu penerangan. Skema ini digunakan untuk merancang desain dapur yang akan direnovasi. 4. Buatlah desain dapur yang mencakup jenis perlengkapan yang digunakan, disertai ukuran dan detail merek perabot. Dalam tahapan ini, data kondisi sebelum direnovasi akan banyak menyesuaikan dengan desain baru. Gunakan jasa desainer interior atau kontraktor interior bila tak yakin dengan desain Anda. 5. Saatnya membuat rancangan anggaran biaya dan menyusun jadwal kerja.

Fadli Siradjuddin, arsitek A+plan Architect and Interior Work mengungkapkan bila desain sudah ada maka pembuatan kitchen set sudah dapat dilakukan. Sementara menunggu pembuatan kitchen set, Fadli menyarankan untuk langsung melakukan renovasi fisik, seperti membongkar meja beton standar yang disediakan pihak pengembang.

Meja beton harus dibongkar karena ukurannya cenderung besar sehingga membuat lahan dapur terkesan kecil. Setelah semuanya rampung dikerjakan, maka proses pemasangan kitchen set sudah bisa dilakukan.

LOKASI KEDIAMAN M. GUNAWAN WIBISONO DAN LENI SUSANTI, PERUM AKITA2, BOJONGSOANG, BANDUNG

LOKASI KEDIAMAN NISA FAHER, PONDOK LABU, JAKARTA SELATAN

Kitchen set ini menggunakan mozaik pada bagian backsplash.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.