MENGHIJAUKAN SEKALIGUS MENYEGARKAN

Taman di dalam rumah ( innercourt) dapat menjadi solusi dalam menghijaukan ruangan sekaligus mengusir panas di dalam rumah Anda.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Bagi Anda yang memiliki masalah rumah terasa panas, Anda bisa mengubah salah satu ruang di rumah Anda menjadi sebuah taman. Ruang yang dipilih hendaknya yang bisa mengakses ke beberapa ruang penting di rumah, sehingga taman di dalam rumah atau innercourt tersebut dapat dinikmati dari banyak area di dalam rumah.

Menurut Nurrizka, arsitek Va’astu Studio, ukuran innercourt tidak harus luas. Dengan ukuran 2,5m x 3m pun sebenarnya sudah bisa dibangun innercourt. Jangan khawatir dengan fungsinya, walau berukuran mungil masih mampu menghijaukan sekaligus mengalirkan udara ke dalam rumah.

JANGAN SALAH PILIH TANAMAN

Karena ingin menangkis udara panas di dalam rumah, pilihan tanaman pun memengaruhi. Mahal-murahnya sebuah taman umumnya ditentukan dari pemilihan jenis tanamannya. Salah pilih tanaman, ongkos merenovasi pun akan membengkak. Andie Xoticgarden, arsitek lansekap dari Xoticgarden, mengungkapkan renovasi taman tanpa konsep dan tema yang kuat akan membuat biaya renovasi membengkak. Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk menentukan tema dan konsep terlebih dulu, sehingga pemilik rumah memiliki panduan dalam berbelanja tanaman dan material.

Pilih saja taman kering yang lebih mudah dirawat. Pemilihan jenis tanaman yang mudah perawatan dan kuat diletakkan di dalam rumah sungguh banyak ragamnya. Misalnya sejenis semak seperti lili paris umbi, dieffenbachia, keladi, spathiphyllum. Karakter tanaman ini kuat di daerah lembap. Ini harus diperhitungkan sebab posisi taman di dalam rumah tidak terkena sinar matahari langsung.

Untuk groundcover, kucai mini ataupun batu koral dapat dijadikan pilihan, keduanya tak memerlukan biaya besar untuk perawatan. Jangan pilih rumput mengingat kondisi tanah lembap yang tidak terkena sinar matahari langsung, rumput akan busuk dan tidak tumbuh dengan subur.

Untuk membuat taman ini tetap terlihat terang dan mendapat sinar matahari, Anda dapat menambahkan void di bagian atasnya sebagai tempat keluar masuk udara dan sinar matahari. Dengan kondisi ini, membuat taman di dalam rumah tersebut menjadi lebih terang. Selain itu, Anda masih bisa bereksplorasi dengan jenis tanaman tertentu dan tidak terpatok pada tanaman yang ada di taman kering.

LOKASI KEDIAMAN AKSANUL PUTRA-IKA TENTRI LISNIASARI, ALAM SUTERA, TANGERANG KONTRAKTOR TAMAN FITRI JAYA PESONA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.