Solusi Bukaan Ruang Tak Berjendela

Mau membuat bukaan di rumah namun terhalang karena keterbatasan lahan dan posisi rumah yang mepet dengan tetangga? Bukaan pada atap bisa jadi solusinya!

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Rumah yang sehat tentu memiliki pencahayaan serta sirkulasi udara yang mengalir dengan lancar. Udara tersebut berganti, masuk melalui sebuah bukaan dan keluar melalui bukaan yang lain. Namun, masalah gelap dan pengap sering terjadi pada rumah tinggal, terutama pada rumah dengan luas dan bangunan terbatas.

Permasalahan ini muncul sebab dinding kiri kanan berdempetan dengan tetangga serta luas rumah yang dihabiskan sampai belakang, sehingga ada bagian-bagian rumah yang tidak memiliki bukaan keluar yang berakibat cahaya dan udara tidak dapat masuk ke dalam rumah.

Salah satu solusi terbaik untuk memasukkan cahaya alami serta udara ke dalam rumah selain menggunakan jendela adalah dengan membuat bukaan pada atap atau biasa disebut skylight. Sebenarnya, skylight hampir serupa dengan jendela, yakni bukaan yang berfungsi sebagai akses masuknya cahaya matahari sekaligus sirkulasi udara. Bedanya, skylight terletak di langit-langit sehingga aplikasinya lebih efektif untuk menerangi ruangan. Anda pun bisa menghemat biaya tagihan listrik tiap bulannya.

SEBAGAI VENTILASI UDARA

Skylight biasanya berupa jendela kaca yang kacanya bisa dipasang mati atau bisa dibuka untuk ventilasi udara. Jadi selain cahaya alami, skylight dengan kaca yang bisa dibuka tutup dapat membiarkan udara alami mengalir ke dalam ruangan.

Tapi dengan adanya bukaan seperti jendela ini, memungkinkan air hujan untuk bisa menembus celah-celah kecil yang ada. Sebaiknya, jika Anda berniat membuat skylight berbentuk jendela yang bisa dibuka pastikan ketika ditutup, air hujan tidak bisa menembusnya sama sekali.

POSISI YANG TEPAT

Skylight di rumah tinggal bisa ditempatkan di ruang keluarga, dapur, kamar mandi, ataupun kamar tidur. Penggunaan skylight dengan jendela terbuka paling pas digunakan pada area dapur. Skylight bisa menjadi sarana untuk pergantian udara di dapur, asap masakan dapat keluar melalui skylight digantikan dengan udara segar yang masuk. Memasak di dapur menjadi nyaman karena suasana yang terang dan tidak pengap.

Pada kamar mandi, skylight berfungsi untuk mengurangi kelembapan dalam ruangan. Sinar matahari yang masuk bisa mengurangi kelembapan yang ada di kamar mandi sekaligus menerangi kamar mandi.

PERHATIKAN MATERIAL DAN UKURAN

Karena berfungsi sebagai bukaan, maka material yang umumnya digunakan berupa material transparan seperti fiber, polikarbonat, atau kaca. Pilihlah bahan yang ringan namun tetap kuat untuk mengurangi risiko keretakan. Jika Anda hendak menggunakan kaca, maka pastikan Anda memilih jenis kaca tempered yang memiliki kekuatan lebih dibandingkan kaca biasa.

Anda bisa mengatur intensitas cahaya yang masuk dengan cara melapisi material dengan sticker

film atau sandblast sehingga ruangan tidak terlalu panas. Kisikisi kayu pun berguna menyaring cahaya yang masuk sekaligus menciptakan efek shadow yang dramatis saat siang hari.

Menurut Nurizka, arsitek Va’astu Studio, ukuran skylight bisa bervariasi tergantung ukuran ruangan yang ingin diberi pencahayaan dan sirkulasi udara. “Bisa 1m x 2m untuk ukuran rumah tipe 60, atau bisa juga 2m x 2m, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya. Untuk penutup skylight, dapat berupa kaca dengan tebal 10—12mm. Dengan menggunakan bukaan pada atap ini, sirkulasi udara serta cahaya pada ruangan pun berjalan dengan lancar.

FOTO TAN RAHARDIAN LOKASI KEDIAMAN DRG. SUCI NOVIANTI, PREMIER PARK MODERNLAND, TANGERANG DESAINER INTERIOR FADLI SIRAJUDIN, A+PLAN ARCHITECTURE & INTERIOR DESIGN

LOKASI: KEDIAMAN KELUARGA BAMBANG, BSD SERPONG ARSITEK: IRAWAN SUGIANTO DAN REKAN, THD. BARANGHARI V, CHAMPAKA RESIDENCE 11, DENPASAR, BALI

Anda juga bisa menambahkan tanaman rambat di bawah skylight untuk meredam panas di ruangan.

FOTO JOU ENDHY PESUARISSA LOKASI: KEDIAMAN DJOKO WAHONO - RINI YUANITA, BINTARO, JAKARTA SELATAN

Kisi-kisi kayu di bawah skylight berguna menyaring cahaya yang masuk sekaligus menciptakan efek shadow yang dramatis saat siang hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.