RUMAH RP350 JUTA NYATA ATAU KHAYALAN?

Saat ini, banyak orang yang mempertanyakan rumah seharga Rp350 juta. Benarkah ada rumah seharga ini di Jakarta?

Rumah - - PROPERTI - TEKS NATHANIA HAPSARI* JUMLAHNYA TERBATAS

Belakangan ini banyak dibicarakan rumah seharga Rp350 juta di Jakarta. Ini gara-gara pernyataan salah seorang cagub, Anies Baswedan, dalam sebuah acara debat Pilgub DKI Jakarta. “Di Jakarta, rumah dengan harga Rp350 juta banyak. Bukan cuma di pinggir,” kata Anies, seperti dikutip Kompas.com.

Seolah mendengar berita besar, orang pun ramai-ramai mencari informasi rumah seharga Rp350 juta. Beramai-ramai pula, mereka berkomentar di dunia maya mengenai temuan mereka.

Apa benar rumah tapak senilai Rp350 juta masih mudah ditemukan di Jakarta? Bila benar, rumah seperti apa yang bisa kita dapatkan? Atau kalau tidak ada, di manakah kita bisa mendapatkan rumah seharga demikian di sekitaran Jakarta?

KECIL ATAU DI GANG

Untuk mendapatkan jawabannya, RUMAH bertanya langsung kepada Ignatius Untung, Country General Manager Rumah123 (sebuah situs penjualan properti online). Ia mengakui, sejak pernyataan “rumah Rp350 juta” itu muncul, timnya memonitor daſtar properti murah di Jakarta. Saat itu, ia menemukan rumah seharga Rp350 juta di daerah Kartini, Jakarta Pusat. Kondisi rumah tapak seluas ±40m² itu terbilang sangat sederhana, bahkan menyerupai kontrakan. Namun hanya berselang seminggu, iklan properti itu menghilang.

Beralih dari Jakarta Pusat, bagaimana dengan kawasan lainnya di Jakarta? “Rumah dengan harga Rp350 juta ke bawah sempat kami temui dengan luasan 20m² sampai 50m², tergantung lokasi dan letaknya di daerah pemukiman. Kalaupun ada yang lebih luas, kondisi bangunannya tidak sebaik rumah kecil dengan harga yang sama. Lokasinya pun biasanya di dalam gang kecil yang hanya bisa dilewati motor,” jelas Igantius.

Namun lagi-lagi ia menekankan bahwa harga dan ketersediannya sangat fluktuatif, bahkan dalam hitungan hari saja.

“Dari data yang kami lihat di database kami, dalam kurun waktu 2 minggu terakhir jumlah properti di bawah Rp350 juta di Jakarta tidak lebih dari 100 unit,” ungkap Ignatius. Jumlah yang terbilang kecil bila dibandingkan jumlah generasi milenial pencari rumah tapak.

Kesimpulannya, memang masih mungkin untuk menemukan rumah seharga Rp350 juta atau lebih rendah di Jakarta, namun memang tidak mudah. Dari segi ukuran bisa jadi tak ideal; luasannya di bawah rata-rata ukuran standar rumah yang dijual pengembang. Lokasinya pun biasanya berada di gang sempit. *) Kontributor

Harvest City Klaster Sakura Chika, Cibubur, tipe 22/60 dijual seharga Rp200 jutaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.