MENGINTIP JAKARTA CREATIVE HUB

Belajar, berkarya, hingga bersantai, di sini tempatnya!

Rumah - - JALAN-JALAN - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Satu lagi tempat menarik untuk menghabiskan waktu di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja meresmikan Jakarta Creative Hub awal Maret lalu. Tempat ini rencananya akan menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin mengembangkan diri lewat industri kreatif terutama bagi kalangan anak muda.

Benar saja, begitu memasuki ruangan di lantai 1 Grha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat ini, suasana kekinian khas anak muda begitu terasa. Jakarta Creative Hub mengusung konsep industrial lewat dinding dan lantai semen unfinished. Di salah satu pojok ruang, terdapat dinding berhiaskan mural berwarna-warni. Karena keunikannya, tak heran banyak pengunjung yang datang sekadar untuk berfoto-foto. Tersedia juga ruang kelas dan area workshop yang dilengkapi berbagai mesin penunjang industri kreatif. Ada mesin 3D printing, mesin jahit, mesin khusus pemotong kayu, dan banyak lagi. Nantinya, seluruh fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara gratis bagi warga Jakarta. Tapi buat Anda yang datang dari luar Jakarta, Jakarta Creative Hub tetap bisa dinikmati kok. Karena area membaca dan kafetaria bebas dikunjungi siapapun.

Menariknya lagi, Jakarta Creative Hub menyediakan pemandu tur gratis. Pemandu akan menemani pengunjung untuk berkeliling dan menjelaskan kegunaan masing-masing ruangan yang ada di Jakarta Creative Hub. Kegiatan tur ini diadakan tiap dua jam sekali mulai pukul 11.00 sampai 16.00.

Suasana tur kelliling Jakara Creative Hub. Pemandu sedang menjelaskan kegiatan membuat souvenir khas Jakarta dari pelaku UKM.

Area ini bisa dimanfaatkan sebagai area seminar film. Di sebelahnya terdapat perpustakaan mini dengan berbagai koleksi buku. Ruangan kelas bisa dipakai lebih dari 50 peserta kelas.

Ruangan workshop dengan berbagai mesin industri. Di sini warga Jakarta diperbolehkan membuat prototipe produk kreatif yang ingin dikembangkannya.

Area kafetaria yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.