PILIHAN ATAP MEMANTULKAN PANAS, MEREDAM SUARA HUJAN

Jangan sampai salah pilih jenis atap. Sebagai pelindung utama dari rumah, kini banyak jenis atap yang menawarkan fungsi lebih dari sekadar penutup rumah.

Rumah - - MATERIAL - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com

Jenis penutup atap berperan penting untuk ketahanan rumah. Sebab material ini terletak di bagian paling atas rumah dan menjadi perisai utama dari panas dan hujan. Maka perlu material terbaik untuk penutup atap yang ideal.

Selama ini genting keramik menjadi material yang umum digunakan untuk penutup atap. Genting keramik terbuat dari tanah liat dengan berbagai model penampang. Yang terbaru, ada atap dengan penampang datar dengan sistem pemasangan tanpa semen. Salah satu merek atap datar adalah genting Full Flat dari Kanmuri yang harganya dimulai dari Rp20.000/keping.

John S.L Chang, General Manager Kanmuri mengklaim produk genting datar lebih awet dan tahan bocor. “Pemasangan tanpa semen membuat atap bebas bocor karena keretakan semen biasanya jadi penyebab utama bocor,” kata John.

RINGAN NAMUN KUAT

Selain genting keramik ada juga pilihan material penutup atap lainnya. Misalnya atap bitumen yang berbobot ringan namun kuat menahan beban. Adalah Onduline yang menawarkan atap bitumen dengan tampilan mirip genting keramik. Atap jenis ini juga memiliki kemampuan fleksibilitas sehigga cocok untuk rumah dengan desain atap yang unik.

Tatok Prijobodo, Country Director PT Onduline Indonesia mengatakan saat ini Onduline memiliki produk atap terbaru yakni Onduline Tile. “Atap ini memiliki tampilan mirip genting keramik namun dengan ukuran yang lebih memanjang,” kata Tatok.

Atap bitumen terbuat dari bahan dasar fiber selulosa sehingga bobotnya ringan. Menariknya lagi, atap ini mampu meredam suara hujan yang jatuh. Jadi rumah Anda tidak akan bising bila sedang hujan. Di pasaran, Onduline Tile ini dijual dengan kisaran harga Rp200.000/m2.

ATAP PEMANTUL PANAS

Pilihan penutup atap berikutnya adalah atap berbahan baku UPVC. Hampir sama dengan atap bitumen, UPVC juga memiliki bobot yang ringan dan mampu menghalau panas. Salah satu produsen yang memiliki produk penutup atap UPVC ini adalah PT Sumber Djaja Perkasa dengan merek Rooftop. Atap ini dilengkapi dengan material UV protection sehingga mampu memantulkan panas yang menerpa atap. Sifat inilah yang membuat atap UPVC cocok sebagai penutup atap ruang dengan aktivitas yang menghasilkan panas seperti dapur serta sebagai atap carport.

Untuk pemasangannya, atap UPVC dipasang dengan sistem Interlock di atas rangka baja ringan. Sistem ini memungkinkan pemasangan atap lebih cepat karena setiap sisi pada lembaran atap memiliki celah sambungan. Jadi Anda cukup merapatkan lembaran atap, lalu pasang sekrup untuk memperkuatnya. Atap UPVC ini dijual dengan harga mulai dari Rp117.000/m2. Jadi, sudah menentukan pilihan atap yang cocok buat rumah Anda?

KEDIAMAN I GUSTI AGUNG PARINTOSA-PUTU ANETH, CIBUBUR

lokasi

Contoh pemasangan genting Full Flat dari Kanmuri. Genting ini dipasang menggunakan sistem khusus dengan sekrup sebagai penyambung genting.

Dok. onduline indonesia

Tampilan Onduline Tile yang memiliki ukuran 96cm x 195cm dengan tebal 3mm.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.