MEMPERINDAH TAMPILAN FASAD

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperindah fasad hunian Anda. Salah satu caranya ialah dengan mengaplikasi warna cat eksterior berkualitas pada dinding rumah Anda.

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Keindahan tampilan wajah rumah atau biasa disebut fasad sering kali diabaikan. Penghuni terbiasa fokus mendandani bagian interior rumah dibanding bagian luar atau eksteriornya. Padahal, fasad merupakan bagian rumah yang pertama kali terlihat. Bisa dikatakan, bagian ini merupakan cerminan pemilik rumah.

Salah satu cara membuat rumah kian dilirik ialah dengan menghadirkan fasad rumah yang menarik. Hal ini dapat direalisasikan dengan menggunakan cat eksterior yang berkualitas. Namun, memilih cat eksterior pun tak bisa sembarang.

Lokasinya yang berada di luar rumah dan berhubungan langsung dengan cuaca, baik panas maupun hujan, membuat Anda harus lebih selektif saat memilih cat eksterior. Ada banyak kriteria yang harus Anda perhatikan ketika memilih cat eksterior, khususnya masalah ketahanan cat terhadap sinar UV dan terpaan air hujan.

Selain kedua kriteria itu, cat eksterior yang Anda pilih harus tidak mudah menggelembung, anti-jamur, anti-lumut, tidak mudah pudar, tidak mudah mengelupas, memiliki daya rekat yang tinggi, dan tahan alkali.

CAT EKSTERIOR HARUS TAHAN CUACA

Salah satu cat eksterior yang memiliki kriteria di atas adalah merek Attaboy OS Façade Paint yang dikeluarkan PT Indowira Putra Paint Factory. Cat berbahan dasar solvent base ini memiliki keunggulan, yaitu memiliki proses kerja layaknya pori-pori tubuh di manusia. Air tidak dapat masuk ke dalam dinding karena pori-pori cat yang sangat kecil, tetapi air yang berada di dalam dinding dapat dikeluarkan dengan cara diuapkan melalui pori-pori cat.

Selain itu, cat ini memiliki daya rekat yang kuat karena memiliki partikel resin yang sangat kecil sehingga cat dapat melekat kuat ke dalam dinding dan minim mengelupas, menggelembung, dan lembap.

Yang menarik, idealnya cat eksterior harus kering dan tak boleh terkena hujan minimal kurang lebih 8 jam setelah diaplikasi di dinding. Tetapi, hal ini tidak berlaku dengan cat keluaran Indowira ini. Setelah diaplikasi, cat ini mampu menempel sempurna ke dinding dalam jangka waktu 30 menit. Artinya, jika mendadak cuaca berubah dan hujan turun setelah 30 menit cat diaplikasi ke dinding, Anda tak perlu khawatir karena cat ini tak akan luntur.

UMURNYA PUN HARUS TAHAN LAMA

Salah satu bangunan yang menggunakan cat ini pada fasadnya ialah Vio Hotel, yang terletak di Jalan Dr. Djunjunan No. 154, Bandung. Menurut Sugiarto, General Manager Vio Hotel, cat ini mampu bertahan dari cuaca dan penggunaannya tahan lama. “Dari tahun 2012, hotel ini baru dilakukan pengecatan ulang di tahun 2016. Jadi, lumayan tahan lama sampai 4 tahun,” ujarnya.

Di pasaran, cat ini tersedia dalam kemasan 2 liter dan 18 liter. Untuk kemasan 2 liter, cat ini dapat menutup dinding hingga 4m2, sementara untuk yang kapasitas 18 liter, cat ini mampu menutup dinding seluas 80m2. Tertarik membelinya? Anda bisa menghubungi PT Indowira Putra Paint Factory di nomor 022-6038470, 022-6030419, 022-6038561, dan Agen Indowira Jakarta di nomor 081287774504 (Albadi), 08561162811 (Ricard). Atau, lihat di www.iwpaint.com.

VIO HOTEL, JALAN DR. DJUNJUNAN, BANDUNG, JAWA BARAT

LOKASI

Amrinal Rizki (Abe), Public Relation Vio Hotel

Sugiarto, General Manager Vio Hotel

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.