MAINKAN WARNA

Rumah - - TIP -

Warna berkontribusi dalam membangun suasana ruang. Warna juga berperan dalam menciptakan rasa sempit atau lapang secara psikologis. Warna-warna terang tentu membuat ruang terlihat lebih luas. Penggunaan warna putih pada dinding serta furnitur, misalnya, menyamarkan garis-garis batas antara dinding dan furnitur, sehingga ruang tampak lebih luas.

Namun bukan berarti kita tidak bisa memainkan warna di rumah mungil. Warna cerah kadang-kadang dibutuhkan untuk membuat ruang lebih hidup. Aplikasikan warna pada sebagian kecil bidang atau pilihlah paduan warna yang tidak terlalu kontras. (DEK)

Bila menyukai satu warna tertentu, sapukan warna tersebut pada satu bidang dinding saja. Hindari penggunaan warna yang kontras dengan warna pertama pada bidang dinding lainnya. Ingin menambahkan permainan motif? Terapkan pada karpet, asalkan warnanya masih serasi dengan warna utama pada dinding.

Untuk mendapatkan kesan tenang pada ruang ini, digunakan pernakpernik dekoratif bernada sama, yaitu biru pastel. Namun bila ingin sedikit kejutan, bisa digunakan sedikit aksen warna kontras, misalnya merah. Bila menginginkan kombinasi warna pada ruang kecil, pilih warna yang berdekatan, misalnya biru dan hijau pastel seperti ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.