AKHIRNYA! PEMPROV DKI JAKARTA PUNYA MASJID RAYA

Rumah - - SERBA-SERBI -

Masjid Raya KH Hasyim Ashari yang berada di Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat merupakan masjid raya yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ide pembangunan masjid raya ini, muncul ketika Joko Widodo masih menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Tepatnya, pada perayaan Idul Adha di Islamic Center, Jakarta Utara, pada tahun 2012. Saat itu, Jokowi baru mengetahui bahwa selama ini Pemprov DKI belum memiliki masjid raya. Sehingga, ia merencanakan pembangunan masjid di kawasan Daan Mogot, yang berdekatan dengan rumah susun Pesakih.

Dikutip dari www.kompas.com, masjid ini dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 m2 dengan daya tampung 12.500 jemaah dan terbagi menjadi dua lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai gedung serbaguna, sedangkan lantai dua merupakan ruang utama masjid. Arsitek masjid, Adhi Moersid menjelaskan ada tiga konsep yang dipakai sebagai desain bangunan masjid. Ketiganya yakni konsep tropis yang membumi atau lekat dengan unsur kebudayaan lokal Betawi, serta konsep permaculture yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk meningkatkan ketahanan pangan yang ada di daerahnya.

Pembangunan fisik bangunan masjid telah rampung 100 persen, namun di area halaman masjid belum tersentuh penataan seperti taman atau pepohonan. Meski demikian, masjid KH Hasyim Asyari telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 April 2017. Kini, masjid tersebut tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi tempat wisata religi baru bagi masyarakat Jakarta dan daerah sekitarnya. Wow! FAT

Www.kompas.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.