BEREKSPRESI LEWAT DINDING MURAL

Dinding penuh warna jadi keunikan dan ciri khas rumah ini.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANNIS RUDOLF PRATASIK LUAS LAHAN 101m2 LUAS BANGUNAN 138m2

Mempercantik ruang dalam rumah dengan cat tentu sudah biasa. Tapi di dinding rumah ini, cat bukan sekadar pewarna dinding melainkan ekspresi seni yang indah. Di rumah milik pasangan Yudhistira Setiawan dan Astri Sugmawardani di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan ini, hampir setiap sudut ruangnya berhiaskan lukisan mural yang cantik.

Sejak awal mendandani rumahnya, Astri sudah merencanakan penghias dinding yang unik di rumahnya. “Dari awal saya enggak mau pasang bingkaibingkai di dinding karena takutnya terlalu ramai,” kata Astri. Setelah mencari inspirasi di berbagai media sosial, akhirnya pilihan Astri jatuh pada lukisan mural sebagai penghias dindingnya. Astri menggunakan jasa pelukis dinding mural yang ada di Jakarta untuk melukiskan dinding rumahnya.

Setidaknya, ada empat gambar mural yang menghiasi rumah Astri. Ada warna warni dengan teknik masking tape di ruang tamu, mural tulisan di ruang makan, area tangga, serta mural dengan warna-warni yang ceria di kamar anak. Menurut Astri, keempat mural tersebut selesai dalam waktu yang cukup singkat. “Kurang lebih selesai dalam dua minggu pengerjaan,” ungkap Astri. Soal biaya, ia mengungkapkan bujet yang dibutuhkan untuk membuat dinding mural di rumahnya sekitar Rp2,5 juta untuk 3 gambar.

UBAH LAYOUT

Proses mendandani rumah ini rupanya tidak sebatas mengubah tampilan dinding dengan mural. Astri juga membuat beberapa perubahan tata letak ruang atau layout di rumahnya. Perubahan layout dilakukan pada lantai 1 rumahnya yakni menambah kamar dan memperluas dapur.

“Awalnya ada ruang tamu tersendiri di bagian depan, tapi akhirnya ditambahkan tembok dan diubah fungsi jadi kamar tamu,” ungkap Astri. Begitu juga dengan dapur, ukuran dapur dari pengembang yang tidak cukup luas membuat Astri akhirnya melakukan perluasan dapur di bagian belakang. Selanjutnya, Astri berencana melakukan sedikit renovasi di area menonton TV yang terletak di seberang area makan. “Konsepnya masih belum kepikiran sih, tapi ada rencana mau didandani sedikit,” ungkap Astri.

JASA TITIP

Proses mendandani rumah yang dilakukan Astri juga sejalan dengan proses pengisian furnitur di rumahnya. Astri mengungkapkan ia melakukan penggantian di hampir seluruh furnitur saat akan pindah ke rumahnya ini. Beberapa furnitur seperti tempat tidur, lemari dan partisi ia pesan khusus di jasa

pembuat furnitur. Sementara, meja makan, kursi, dan furnitur lainnya ia beli dalam bentuk jadi di toko furnitur modern.

Soal membeli furnitur jadi, Astri ternyata punya trik tersendiri untuk membelinya. Kebanyakan furnitur yang ada di rumahnya ia beli lewat jasa titip beli furnitur lewat media sosial khususnya Instagram. “Soalnya lebih praktis, jadi enggak usah repot keliling beli furnitur,” ungkap Astri.

Selain lebih praktis, belanja furnitur lewat jasa titip juga menguntungkan karena biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat. “Kalau pakai jasa titip cukup bayar ongkos kirim, kadang ada promo diskon juga jadi harganya lebih murah,” kata Astri sembari tertawa. Wah, trik yang cocok nih untuk Anda pembaca RUMAH yang ingin mempercantik rumah tapi enggak sempat buat berkeliling di toko furnitur. Rumah cantik dengan cara praktis!

Warna putih cukup mendominasi area makan agar terlihat simpel, mengimbangi gambar mural di dinding yang cukup ramai.

kamar anak tak ketinggalan berhiaskan mural pada dindingnya.

antara ruang tamu dan area makan sengaja dibuat terbuka agar terasa tidak sumpek. Di sini, perbedaan gambar mural di dinding menjadi pemisah fungsi ruang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.