HARMONISASI VARIASI MATERIAL

Berbagai material dengan karakteristik yang berbeda, dipadukan secara cermat untuk memberikan kesan mewah dan modern.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS MARIA JACLYN* LUAS BANGUNAN 85M² FOTO JOU ENDHY PESUARISSA LUAS TANAH 77M² LOKASI RUMAH CONTOH CLUSTER AGATE TIPE AQUAMARINE, THE GOLDEN STONE SERPONG

Satu pepatah populer mengatakan, jangan menilai buku dari sampulnya. Artinya, jangan menilai seseorang dari luarnya saja. Namun jika dilihat secara harfiah, sampul buku justru berfungsi menjelaskan genre atau isi buku secara singkat kepada calon pembacanya. Tidak jarang juga kita membeli buku setelah terpikat pada desain sampulnya.

Begitu pula dengan fasad bangunan, yang idealnya memberikan gambaran yang sama dengan interior rumah. Lebih jauhnya, fasad berfungsi menjembatani lingkungan di luar rumah dengan ruang dalam. Meski nyatanya, hal ini sulit dicapai jika hunian kita merupakan rumah klaster dengan fasad seragam.

Namun, berbeda halnya jika fasad rumah sudah didesain dengan cantik seperti pada rumah contoh di perumahan The Golden Stone Serpong, Tangerang, ini. Permainan warna dan material yang beragam memungkinkan penghuni untuk mengolah interior rumahnya sesuai selera dan kebutuhan, sehingga tercipta desain yang harmonis dan berkesinambungan antara eksterior dan interior.

HARMONISASI MATERIAL

Salah satu keistimewaan ada pada pengolahan berbagai material sesuai karakternya. Bisa dilihat dari fasad yang terkesan mewah dan eksklusif berkat penggunaan keramik homogen pada sebagian bidang dinding. Aplikasi wood plank pada dinding dan ceiling atap lantai 2, menghadirkan kesan natural dan vintage. Sedangkan kesan tropis didapat lewat jendela tanpa bingkai yang lebar dan tinggi sebagai ventilasi ruang tidur di dalamnya.

Menjejakkan kaki ke dalam rumah, kita disambut dengan pengolahan interior yang apik dan harmonis. Setiap material memiliki karakter yang cenderung bertolak belakang, namun saling menyeimbangkan. Kesan dingin pada keramik homogen sebagai pelapis lantai dan aksen dinding, serta cermin hitam pada permukaan dinding dan kabinet, dipadukan dengan hangatnya tekstur upholstery sofa dan kursi, serta karpet pada ruang keluarga.

Ruang tidur menggunakan nuansa serupa, yang lebih menonjolkan kesan hangat dari penggunaan finishing plywood cokelat pada furnitur dan panel dindingnya. Nuansa warna monokromatis yang terdiri dari hitam, abu-abu, krem, dan cokelat, dipilih untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan yang popularitasnya tak lekang oleh waktu.

SIMPEL DAN MODERN

Dari fasad hingga interior, konsistensi terlihat lewat pengolahan garis dan bentuk persegi dari setiap elemen desain. Untuk menyiasati ruangan terbatas, furnitur yang digunakan bermodel simpel dengan kaki-kaki ramping.

Siasat lainnya adalah menggunakan sistem built

in untuk furnitur berukuran besar, seperti lemari pakaian, rak pajang, dan kabinet dapur. Cara ini juga bermanfaat untuk menciptakan sirkulasi gerak yang bersih, sehingga penghuni leluasa melakukan beragam aktivitas.

MEMAKSIMALKAN LAHAN

Ukuran terbatas bukanlah halangan dalam mengolah lahan secara maksimal. Ruang keluarga, ruang makan, dan pantry berada pada satu area tanpa sekat, menciptakan konsep open space.

Sisi lain rumah diisi dengan ruangruang bersekat, yaitu ruang tidur anak dan ruang servis. Lantai 2 dimaksimalkan sebagai area privat, terdiri dari 2 ruang tidur yang dilengkapi balkon dan kamar mandi luar.

“Balkon berfungsi mempercantik fasad rumah, sekaligus area bagi penghuni untuk menikmati keindahan lingkungan perumahan,” ungkap Albert Reynaldo, Marketing Director The Golden Stone Serpong. Balkon menjadi sarana interaksi penghuni dengan lingkungan luar, seperti halnya taman belakang yang juga berfungsi sebagai area sirkulasi udara dan cahaya di dalam rumah.

Seperti di ruang keluarga, permainan garis juga diaplikasikan pada ruang tidur seperti pada backpanel ranjang.

Penggunaan cermin pada permukaan kabinet, membuat ruangan terasa lebih luas dan bernuansa elegan.

Penggunaan keramik bertekstur batu pada dinding dan lantai memberikan suasana resor.

Nuansa warna cokelat pada ruang tidur menghadirkan nuansa tenang dan nyaman.

Fasad dipercantik dengan perpaduan beragam material dengan karakteristik berbeda.

Krem dan biru muda menjadi aksen yang mempermanis kesan maskulin yang kuat pada ruangan yang dominan hitam dan abu-abu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.