Perlu Cat Khusus atau tidak?

Dalam proses pembuatan mural, salah satu langkah yang paling penting adalah memastikan bahwa Anda memilih material cat yang tepat.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Pada dasarnya, semua cat dinding bisa digunakan untuk mural. Namun, cat dengan kualitas yang baik—mencakup komposisi, kekentalan, warna— akan menghasilkan gambar yang lebih bagus. Biasanya, cat dengan merek ternama memiliki kekentalan yang cukup baik.

Namun untuk hasil yang maksimal, Suharsono Legowo, Retail Manager PT Propan Raya I.C.C. menyarankan penggunaan cat khusus mural. Menurutnya, “Tidak semua cat bisa diaplikasikan untuk pembuatan mural. Ada syarat yang harus dipenuhi, seperti memiliki daya rekat atau tutup yang baik terhadap dinding, tahan terhadap segala cuaca terutama jika diaplikasikan di eksterior, serta warnanya solid dan cerah,” ucapnya.

CAT Dinding Biasa Bisa, asal…

Leonardo Batubara, Brand Manager Kansai Paint, mengatakan bahwa cat dinding biasa sebenarnya bisa digunakan untuk mural. Suharsono tak menampik hal tersebut. Hanya saja, keduanya sepaham bahwa hasilnya tak akan sebagus bila menggunakan cat khusus mural.

Yang perlu diperhatikan jika ingin menggunakan cat dinding biasa yaitu, lihat peruntukannya. Jangan sampai cat interior diaplikasi untuk mural eksterior, karena pastinya akan bermasalah. Selain itu, idealnya cat tidak dicampur air. “Jikalau dicampur, maksimal 10% airnya,” ucap Suharsono.

Tak Harus CAT, LHO!

Pembuatan seni lukis di dinding ini sebenarnya tak terbatas. Menurut seniman mural Aliansyah Caniago, tak ada pakem dalam hal desain, begitu juga materialnya. Jika Anda punya keahlian melukis di dinding, bisa membuatnya sendiri kapan pun.

Misalnya, Anda bisa mengaplikasikan cat khusus papan tulis di dinding rumah, lalu mengekspresikan jiwa seni Anda dengan melukis menggunakan kapur tulis yang mudah dibersihkan. “Mirip seperti jaman sekolah saat masih menggunakan papan blackboard dan kapur,” ucapnya. Dinding seperti ini juga bisa jadi sarana corat-coret bagi anak Anda. Jadi, tak perlu takut kotor.

KEDIAMAN REALINO HARJANTO DAN ENNY AGUSTINA, ALAM SUTERA, TANGERANG JEFRY SANJAYA PUTRA, JS&PARCHITECT JSPARCHITECT.COM | JEFRYSANJAYARCHITECT.WIX.COM/ JEFRYSANJAYA

Lokasi arsitek WEBSITE

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.