Hadirkan Motif geometris Pada dinding

Dengan menggunakan teknik masking tape, Anda dapat menghadirkan bentuk-bentuk geometris yang unik dan menarik mata.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANNIS RUDOLF PRATASIK

Selain mural, ada satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk menggambar di dinding, yaitu menggunakan teknik masking tape. Kedua cara ini mirip, hanya saja mural berupa gambar lukisan, sedangkan teknik masking tape mengandalkan gambar pola geometris yang dihasilkan dengan bantuan masking tape (lakban). Terdengar sulit dan rumit? Tidak, kok. Teknik ini cukup simpel dan mudah diaplikasikan di rumah. Bahkan, teknik ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukang.

Teknik masking tape dapat juga digunakan untuk menutupi kekurangan pada dinding, seperti yang dilakukan Helma Sefti Fauzia (34), pemilik rumah yang berdomisili Bandung. “Dinding saya itu ada bercak bocornya. Jelek banget kalau dilihat. Nah, saya dan suami akhirnya mengakali bekas tersebut dengan membuat masking tape,” ujar ibu dua anak ini.

Dengan menggunakan cat pelapis antibocor, pasangan Helma dan Andri Rizal (38) membuat motif geometris pada dinding yang terletak di antara ruang keluarga dan ruang makan tersebut. Ukuran motifnya sengaja dibuat tak beraturan agar dinding terlihat lebih dinamis. Dengan teknik ini, dua keuntungan pun didapat penghuni, bercak menghilang dari pandangan, ruang pun tampak indah.

Caranya mudah!

Teknik masking tape seperti yang dilakukan Helma juga dapat Anda coba di rumah. Caranya ialah dengan membagi bidang dinding menjadi beberapa petak yang menyerupai bidang geometris. Tiap petak diwarnai dengan cat dinding yang berbeda. Pengerjaannya cukup mudah dan bisa Anda kerjakan sendiri tanpa bantuan tukang. Yang terpenting adalah proses pengecatan dilakukan berselangseling mengikuti bidang yang telah Anda buat.

Tapi, memadupadankan beberapa warna tak bisa asal, agar tak menghilangkan kenyamanan pada ruangan. Anda dapat menggunakan warna-warna lembut atau pastel sebagai warna dasar agar ruangan tak terlalu “ramai”.

Untuk menerapkan teknik ini, diperlukan ketelitian saat merencanakan, mengukur, dan menempel lakban pada cat dasar yang sudah kering pada dinding. Lamanya proses tergantung seberapa rumit desain atau pola yang Anda buat. Jika menggunakan beberapa warna berbeda, pengaplikasiannya pun harus satu per satu agar tidak berantakan. Sabarlah menunggu keseluruhan cat mengering sebelum mengelupas tape. Tertarik menggunakan teknik ini pada dinding Anda?

selain membuat dinding tampak memikat, teknik

mampu menyembunyikan cacat pada dinding. Lokasi KEDIAMAN ANDRI RIZAL-HELMA SEFTI FAUZIA, PERUMAHAN BUMI SARIWANGI, BANDUNG, JAWA BARAT

Dengan menggunakan teknik masking tape, dinding pada kamar ini tampak tak monoton.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.