Hangatnya ruang Keluarga Bergaya industrial

Siapa bilang konsep industrial selalu berkesan kaku. Penataan yang tepat akan membuat ruang industrial jadi hangat. Tak heran jika konsep ini pun cocok diaplikasi pada ruang keluarga.

Rumah - - INTERIOR - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Konsep industrial tentu sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Sesuai namanya, konsep ini memang diadaptasi dari tampilan pabrik atau pusat industri. Karena itu, unsur besi dan logam biasanya menjadi dominasi konsep industrial. Kemudian, ketika konsep ini diaplikasikan pada interior rumah, unsur kayu dan material mentah (ekspos) turut menjadi ciri khas dari konsep industrial.

Berbagai ruang di dalam rumah bisa menggunakan konsep industrial. Tak terkecuali ruang keluarga yang membutuhkan tampilan cantik sekaligus rasa nyaman dan hangat. Untuk menciptakan itu semua Anda perlu melakukan beberapa trik. Karena tak dipungkiri gaya industrial akan berkesan kaku bila tak diimbangi dengan penataan dan pernik dekorasi yang tepat.

Cara paling mudah untuk menciptakan suasana hangat di ruang keluarga berkonsep industrial adalah pemilihan warna cahaya. pilih lampu dengan warna kekuningan yang hangat. Bias cahaya hangat yang menerpa dinding bata ekspos akan membuat ruang keluarga terasa homy. Begitu juga dengan pilihan warna furnitur dan pernik penghiasnya. Anda bisa pilih warna netral misalnya biru dongker dan abu-abu untuk furnitur. Sementara untuk perniknya, jangan ragu untuk meletakkan tanaman maupun bunga untuk mempermanis ruang.

Ekspos material

Salah satu ciri khas konsep industrial adalah tampilan mentah dari material atau ekspos material. Jangan heran bila di ruang berkonsep industrial hadir dinding dengan tampilan bata yang tidak diaci maupun lantai yang tidak diberi ubin sebagai penutupnya. Inilah uniknya konsep industrial!

Namun sering kali pemilik rumah merasa enggan menggunakan konsep industrial karena ekspos material bisa terkesan berantakan dan rentan menumpuk debu. Sebenarnya, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena bisa disiasati dengan berbagai cara.

Misalnya untuk dinding ekspos. Bila tak ingin dinding bata sungguhan yang rentan menyebabkan debu dan pasir, Anda bisa menggunakan bata tempel. Material ini tampilannya hampir sama dengan bata ekspos sungguhan tapi lebih rapi dan tentunya tidak menimbulkan debu dan pasir.

Begitu juga dengan elemen lain misalnya plafon. Anda bisa menggantinya dengan plafon tertutup dengan multipleks sebagai materialnya. Konsep industrial jadi lebih nyaman tanpa harus mengurangi ciri khasnya bukan?

Lokasi TRIPLE SEVEN BED AND BREAKFAST, PAJAJARAN, BANDUNG, JAWA BARAT instagram @tripleseven_hotel

anda juga bisa memadukan konsep industrial dengan sedikit sentuhan skandinavia pada pernik penghias maupun furniturnya.

Penempatan lampu di sudut ruangan juga memiliki peran dalam menghangatkan ruang industrial. Pilih warna kekuningan ( untuk lampunya.

Ciri khas industrial dengan material eksposnya makin terasa lewat meja unik dari besi dan kayu peti kemas ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.