22 KASUR PAS, TIDUR PUN PULAS

Baiknya kualitas tidur seseorang berbanding lurus dengan baiknya kualitas tempat tidur yang digunakan. Karena itu, memilih kasur pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Masih banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya kondisi dan keadaan kasur di rumah. Sebagian dari mereka masih berprinsip “yang penting bisa tidur”. Padahal, dari banyak penelitian, baiknya kualitas tidur seseorang berbanding lurus dengan baiknya kualitas tempat tidur yang digunakan. Jika Anda sering merasa kurang segar ketika bangun tidur—padahal sudah tidur dengan waktu yang cukup—kemungkinan besar masalahnya berasal dari kasur.

Lantas, seperti apa kasur yang tepat bagi tubuh Anda? Menurut Sham Bharwani, Direktur Dunlopillo, sebelum membeli kasur perhatikan terlebih dahulu plus minusnya agar Anda mendapat kasur yang cocok. Ini penjelasannya!

Kasur KAPUK

KEUNGGULAN

Kasur yang terbuat dari bahan alami buah randu ini merupakan jenis kasur tradisional yang telah lama dikenal masyarakat. Karena terbuat dari bahan alami, kasur ini mampu menyerap panas. Tak heran, meski harganya murah, tidur di atas kasur kapuk terbilang cukup nyaman, karena empuk dan tidak panas. KELEMAHAN

Kasur ini bisa kempes setelah dipakai beberapa lama, sehingga harus ditambahkan kapuk lagi. Belum lagi penumpukan debu, kutu, dan tungau di sela-sela kapuk, serta serpihan kapuknya yang keluar dari dalam kasur dapat mengganggu pernafasan. Karenanya, jenis kasur ini tidak bersahabat, terlebih bagi orang yang alergi terhadap debu atau kapas.

Kasur Memory Foam

KEUNGGULAN

Memory foam terbuat dari busa viscoelastis di atas polyurethane yang padat. Material ini pada awalnya diciptakan untuk menahan tekanan yang luar biasa besar pada tubuh astronot saat masuk dan keluar dari atmosfer bumi. Kasur ini mampu mengikuti bentuk tubuh seseorang yang tidur di atasnya. Jenis kasur ini juga lebih awet dibandingkan kasur pegas. KELEMAHAN

Selain harganya yang masih terbilang mahal, aliran udara tidak bisa bergerak di dalamnya, sehingga dapat menyimpan panas tubuh. Kemungkinan, kasur ini juga terlalu keras untuk sebagian orang. Selain itu, kasur memory foam yang baru biasanya beraroma menyengat.

Kasur Pegas

KEUNGGULAN

Kasur pegas (per) atau yang dikenal dengan spring bed adalah tipe yang sampai sekarang masih populer di kalangan konsumen. Kasur jenis ini menggunakan kombinasi per dan busa. Biasanya, makin banyak jumlah pegasnya, makin bagus kualitas kasur. Karena sifat pegas yang dapat menerima tekanan dan memantulkan kembali, maka ia dapat mengikuti berat badan dan gerak tubuh seseorang saat berada di atasnya. KELEMAHAN

Saat ini, banyak produsen yang memproduksi kasur pegas dengan jumlah pegas dan kualitas busa pelapis di bawah standar. Coba tanyakan pegasnya, jangan pilih yang terbuat dari logam karena rentan terhadap karat. Selain itu, pegas makin lama akan akan aus dan bentuknya makin cekung karena tidak kuat lagi menopang badan. Jika terjadi hal ini, Anda wajib mengganti kasur. Jika tidak, hal ini akan berakibat buruk bagi tulang belakang Anda.

Kasur Busa Lateks

KEUNGGULAN

Busa lateks terbuat dari karet alam yang bersifat elastis dan awet. Sama dengan memory foam, kasur ini pun mendukung tubuh dengan baik. Kutu, bakteri, dan jamur tidak bisa bersarang di dalam lateks, sehingga tidak menimbulkan alergi. Lateks yang berbahan alami bisa diperbaharui dan ramah lingkungan. Berbeda dengan memory foam, aliran udara bisa bergerak di dalam kasur busa lateks, sehingga tidak menyimpan panas. Selain itu, jauh lebih awet dibandingkan kasur spring bed, dan lebih membal dibandingkan memory foam. KELEMAHAN

Tidak seperti bahan lainnya, bahan lateks ini hanya memiliki sedikit kekurangan. Tak heran, harganya relatif mahal. Kasur ini tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena bisa mengakibatkan kasur mengempis, teksturnya menjadi kering dan keras.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.