on/off Alat elektronik dari luar RUMAH

Dengan alat ini, Anda dapat mengontrol sekaligus menghemat konsumsi listrik di rumah. Kok bisa?

Rumah - - PERANTI - TEKS & FOTO IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com

Saat ini, banyak bermunculan produk inovasi smart home system yang dapat mengatur dan mengontrol cara kerja barang-barang elektronik di rumah. Ini kabar positif karena alat-alat ini dapat mengurangi konsumsi listrik yang berimbas pada minimnya biaya tagihan per bulan. Hanya saja, kebanyakan inovasi ini masih diterapkan pada satu alat saja. Misal, khusus untuk lampu, gorden, TV, atau perangkat elektronik lainnya. Masih jarang yang menggabungkan pengaturannya.

Hal inilah yang mendasari PT Scheneider Electric Indonesia meluncurkan produk elektronik bernama ULTI Ezinstall3 Mini Home Control. Alat ini dapat mengatur dan mengontrol hampir semua barang elektronik seperti lampu, AC, TV, bahkan gorden atau tirai, di rumah Anda.

“Alat ini dirancang dengan teknologi smart home system karena kompatibel dengan platform IOS dan Android sehingga pemilik rumah dapat melakukan pengontrolan melalui perangkat mobile dari manapun. Anda bisa menggunakan ponsel Android atau iphone. Bisa juga menggunakan komputer dan laptop,” ucap Ahmad Faisal Haq, Sales Project Engineering PT Scheneider Electric Indonesia.

DAPAT MENGONTROL DARI JAUH

Dengan alat ini, Anda dapat mengontol lampu, AC, TV, dan tirai rumah dari jarak jauh, bahkan antar-benua sekali pun, melalui fitur ULTI graphical user interface (GUI) berkat teknologi IP gateway-nya. Tinggal Anda cek ponsel lalu lihat tandanya: hijau untuk alat elektronik yang masih menyala dan merah artinya mati. Alat ini cocok untuk Anda yang sering meninggalkan rumah. Jadi, kesannya rumah selalu ada penghuni.

Selain mengontrol, Anda juga dapat menghemat konsumsi listrik. Misal, Anda yang di akhir pekan memiliki kebiasaan bangun siang. Anda tak perlu bangun dan mematikan lampu. Atau, Anda tak perlu menunggu bangun dulu baru mematikan lampu. Di sini, Anda bisa menghemat konsumsi listrik hingga beberapa menit atau jam. Anda juga bisa mengatur bukatutup tirai sehingga tahu bahwa hari sudah siang. “Semua serba otomatis, jadi buat saja jadwalnya sehingga dapat menghemat konsumsi listrik Anda di rumah,” ucap Ahmad.

Untuk mengaturnya, yang Anda butuhkan cukup jaringan internet. Tetapi, bagaimana jika internet di rumah Anda mendadak down atau kuota internet Anda habis? Ahmad menegaskan bahwa hal ini bukan menjadi sebuah kendala. “Selain otomatis, alat ini masih memiliki sistem manual. Jadi, tinggal ditekan saja tombolnya dan Anda masih dapat mengontrol semuanya,” ucap Ahmad.

BISA TEMBUS DINDING

Alat ini bekerja dengan teknologi wireless yang didukung dengan fitur remote control Zig Bee radio frequency. Fitur ini dapat meminimalisir gangguan sinyal akibat pemilihan dinding rumah yang terlalu tebal. “Radius jangkauan sinyalnya pun termasuk jauh, hingga mencapai radius 50m,” ucap Ahmad.

Selain fitur di atas, alat ini terdapat fitur personal yang tampilannya dapat disesuaikan selera selesa Anda. “Penggunanya dapat menyusun dan mempersonalisasi tampilan dashboard mereka sehingga dapat mendukung pola penggunaan individual,” tambahnya. Menarik, kan?

Bentuk steker untuk lampu dan tirai.

Converter infrared yang dapat berfungsi mengontrol televisi dan AC dari satu tempat.

fitur remote control Zigbee radio Frequency yang mampu meminimalkan gangguan sinyal sehingga pemilik rumah tetap bisa leluasa memilih material untuk dekorasi huniannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.