GABUNGKAN DUA RUMAH TIPE 45m2

Rumah - - KONSULTAS -

JIbu Wina Yth. Terima kasih untuk kiriman pertanyaannya.

Melihat denah saat ini, saya rasa butuh proses renovasi yang agak besar, karena organisasi ruangnya sangat berantakan. Agar lebih tertib, fungsi ruang akan saya ubah dan pindahkan di area yang lebih tepat, agar tidak terjadi persilangan aktivitas di dalam rumah. Di samping itu, dengan kebutuhan ruang sedemikian banyak, tidak mungkin menjadi rumah satu lantai. Bila dipaksakan, ukuran ruangnya akan sangat minim, kurang sirkulasi udara, dan terasa sesak.

Untuk pembagian zoning atau area, saya memindahkan semua ruang tidur ke sebelah kiri. Bagian tengah menjadi area bersama dan sebelah kanan menjadi area servis. Khusus area servis, dinding rumah saya mundurkan satu meter dari jalan. Dengan bangunan sedikit mundur dari batas pagar/ lahan tentunya akan lebih terasa nyaman dan aman untuk Anda. Jadi, flow atau aliran ruang rumah Anda akan menjadi demikian.

Memasuki teras depan, ada foyer atau ruang penerima–yang saya pikir bisa lebih berfungsi sebagai ruang kerja daripada menjadi ruang tamu. Ke arah ruang makan, cukup Anda pasangi sekat pemisah yang dapat dipindahkan, agar rumah yang ruangnya terbatas tetap terasa lapang. Ruang makan yang tidak terlalu luas dibuat terbuka dan menyatu dengan ruang keluarga yang terbuka ke arah taman atau ruang terbuka di belakang.

Dari arah samping, dapur juga memiliki akses tersendiri. Jadi, saat Anda atau anggota keluarga bekerja di dapur tetap bisa memantau keadaan di depan maupun samping rumah tanpa harus terganggu dengan orang yang lalu lalang di jalan samping rumah.

Area pribadi atau privat adalah ruang tidur utama dengan kamar mandi dalam serta 2 buah ruang tidur anak yang posisinya berada di sisi sebelah kiri rumah. Dengan posisi ruang tidur anak yang mengapit ruang tidur utama, akan lebih mudah bagi Anda untuk memonitor kegiatan anak-anak di kamar masing-masing.

Selanjutnya, ruang salat berikut tempat wudunya, saya letakkan di belakang juga, menempati ruang pembantu sebelumnya. Dinding ruang salat dibuat berlubang-lubang atau transparan, supaya ada pergerakan udara yang akan membuat ruangan ini menjadi tidak panas.

Area servis atau dapur sebelumnya, saya jadikan sebagai ruang cuci terbuka. Dinding lama saya ganti dengan bata kerrawang, agar angin dan udara bisa bergerak masuk dan keluar. Karena keterbatasan ruang di lantai 1, ruang tidur pembantu saya letakkan di lantai atas. Jadi, Anda cukup menambahkan dak selain area jemur yang sudah ada.

Demikian, semoga jawaban saya dapat menjadi inspirasi untuk Anda.

Salam.

DENAH LANTAI 2

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.