PERSONALISASI RUMAH

Rumah - - SERAMBI - Made Mardiani Kardha Editor in Chief dian.kardha@gramedia-majalah.com dekardha

Ada banyak cara menghias rumah. Ada banyak trik membuat rumah tampil indah. Namun yang menurut saya penting adalah bagaimana membuat rumah kita tidak hanya indah dan menarik, namun juga personal.

Artinya, ada sepenggal dari diri kita yang melekat pada hunian kita. Sehingga ketika kita berada di rumah, ada keterikatan yang tidak akan kita dapatkan bila kita berada di tempat lain. Begitu pun bagi orang lain yang berkunjung ke rumah kita, mereka akan sangat bisa merasakan pesan yang ingin kita sampaikan. Sehingga rasa yang timbul saat berada di rumah kita akan berbeda dengan rasa yang didapat saat mereka berkunjung ke rumah orang lain.

Hal ini salah satunya bisa dilakukan dengan memasukkan hal-hal yang berbau kehidupan kita rumah ke dalam hunian, misalnya hobi, kebiasaan, profesi, selera, dan sebagainya. Mural adalah salah satu media untuk menyampaikan pesan-pesan itu.

Mural, yang dikenal sebagai seni lukis pada permukaan bidang (dinding, plafon, atau bidang lainnya), dapat menghias rumah kita dengan spesifik. Karena berupa lukisan, ada 1001 pilihan warna, bentuk, dan jenis lukisannya. Bila kita memesan pada penyedia jasa mural pun, kemungkinan sama dengan orang lain sangat kecil. Apalagi bila kita membuatnya sendiri. Sudah pasti sangat menggambarkan personal diri kita.

Mural yang sering kita lihat di jalan-jalan atau di area publik kadang terlihat indah namun begitu rumit. Tapi kita dapat mengaplikasikan di rumah dalam bentuk yang jauh lebih sederhana. Anda yang berprofesi sebagai seorang desainer

fashion bisa saja membuat lukisan seorang model sedang melenggok di catwalk. Anda yang menyukai kartun, bisa menyapukan kuas membentuk gambar karakter kesukaan. Yang penting rumah terlihat menarik, unik, dan mencerminkan jiwa kita sebagai penghuninya.

FOTO JOU ENDHY PESUARISSA LOKASI LARCH STUDIO HEAD QUARTER, BANDUNG, JAWA BARAT DESAINER LARCH STUDIO DESAIN KAVER M.ILHAM YASSIR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.