RAHASIA SUKSES MEMPERCANTIK INTERIOR

Interior menarik tidak datang begitu saja. Perlu perancangan matang, kemampuan dalam memadupadankan benda, serta kejelian dalam berbelanja. Inilah rahasianya.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Tren media sosial yang menerpa semua kalangan—dari anakanak hingga dewasa— membuat perubahan besar. Tak terkecuali dalam dunia interior. Posting gambar-gambar interior menarik yang memanjakan mata, khususnya di Instagram dan Pinterest, mendorong banyak orang untuk turut mengubah tampilan interior rumahnya. Ada kebanggaan tersendiri saat seseorang mengomentari bahwa rumahnya menarik.

“Kita tak bisa memungkiri bahwa media sosial memiliki pengaruh luar biasa terhadap interior. Banyak orang yang pada akhirnya ‘melek’ dan terpacu untuk mendandani rumahnya. Dibilang mau pamer bisa iya bisa enggak, tapi saya menilainya mereka lebih pengen eksis aja. Banyak orang, kan, suka dipuji, seperti ‘rumahnya bagus, ya’,” ucap Angela Catharina, desainer interior dan pemilik konsultan desain Arcadesain, yang digarap bersama suaminya, Arif Kurniawan.

Terlepas dari booming media sosial, Angela mengemukakan bahwa banyak orang memang sudah mulai peduli dengan tampilan interior rumah. “Aktivitas yang padat dan tingkat stres yang tinggi, membuat banyak orang butuh penyeimbang. Rumah dengan interior yang menarik dan nyaman bisa menjadi penyeimbang yang efektif dalam meredam stres,” ucapnya.

tak sekadar Cantik

Arif yang juga berprofesi sebagai arsitek setuju bahwa dunia media sosial memang telah membuat banyak orang termotivasi untuk mempercantik rumahnya. Hanya saja, Arif menilai banyak orang yang masih copy-paste. “Artinya, saat melihat gambar atau foto bagus di media sosial, mereka langsung mengaplikasikannya di rumahnya. Padahal, belum tentu desain tersebut cocok diaplikasikan di rumahnya,” ucapnya.

Bagi Arif sendiri, foto-foto yang ada di majalah, tabloid, internet, maupun media sosial, selayaknya hanya dijadikan referensi, bukan untuk dijiplak secara seutuhnya. “Setiap rumah itu berbeda. Karakteristik penghuninya juga beda. Begitupun dengan kebutuhan orang yang tinggal di dalamnya. Jadi, rumah tak sekadar cantik, tetapi fungsional dan juga bisa memberi kenyamanan maksimal sesuai yang dibutuhkan penghuninya,” tutup Arif.

lokasi KEDIAMAN BEJO, BSD, TANGERANG Desainer Interior CHRISTINA SUWARDI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.