Musala unik dari Gipsum CETAK

Anda sedang bingung membuat musala dengan tampilan yang unik? Kreasi unik dari gipsum cetak ini bisa jadi solusi dalam mempercantik tampilan interior musala di rumah Anda.

Rumah - - INTERIOR - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Merancang musala tentu akan berbeda dengan merancang ruang lainnya yang ada di rumah. Ada pakem khusus yang harus dipenuhi agar musala bisa digunakan sebagai tempat salat. Pertama, harus memikirkan arah hadap, yakni menghadap kiblat. Kedua, ukuran harus diperhatikan agar kenyamanan Anda beribadah tidak terabaikan. Minimalnya, musala di rumah harus menampung 1 imam dan 1 makmum, dengan luas minimal 1m x 2m.

Selain pakem di atas, biasanya interior musala memiliki karakteristik seperti ada tulisan Arab, bentuk kubah masjid, atau simbol khusus lainnya yang mencerminkan itu sebagai musala. Nah, bagi Anda yang memang berniat mempercantik musala, salah satunya bisa mengaplikasikan gipsum cetak ini pada dinding musala Anda di rumah.

Ini proses yang harus Anda lalui.

Anda bisa mendatangi ahli interior yang bisa membuat desain untuk musala unik Anda. Untuk musala ini, sang pemilik rumah memercayakan kepada Puti Anggia Sari dan Rahmawati Kuslita, dua orang desainer yang memang spesialis membuat desain klasik modern. Anda bisa meminta sketsa desain terlebih dahulu kepada sang ahli agar tampilan interior musala Anda terlihat menarik.

1 Pakai ahli interior 2 Datangi tukang gipsum

Anda bisa mendatangi langsung ke tukang gipsum, lalu memesan gipsum cetak untuk mempercantik interior musala Anda. Kelebihan langsung mendatangi tukang gipsum dibanding menggunakan jasa interior adalah Anda tak perlu membayar jasa interior. Kelemahannya, karena tidak terkonsep, hasil tak sebaik desainer interior.

Setelah gambar jadi, proses pembuatan gipsum cetak pun dimulai. Langkah awal adalah membuat cetakan, biasanya terbuat dari resin. Setelah itu proses pembuatan gipsum cetak sesuai dengan luas dinding musala Anda. Untuk harga per m2, sangat dipengaruhi oleh gambar dan kesulitan pengerjaan. Semakin banyak ukirannya, semakin mahal.

Setelah cetak gipsum kering dan jadi, ahli gipsum akan mengampelas permukaan gipsum agar permukaan jadi lebih halus. Setelah itu, bersihkan gipsum dari debu dan lakukan finishing. Untuk musala ini, finishing menggunakan cat berwarna agak emas kecokelatan untuk menonjolkan kesan klasih mewah.

3 Proses mencetak gipsum 4 lakukan Proses Finishing 5 Pemasangan tahap akhir

Gipsum yang telah di- finishing ini akan ditempel ke dinding. Biasanya, di area belakang permukaan akan ditambahkan cat semen instan. Agar kuat, ditambahkan paku tembak ke dinding beton dengan menggunakan paku khusus. Setelah itu, permukaan yang terlihat batang pakunya di dempul dengan menggunakan gipsum.

Musala unik dari gipsum cetak pun siap mempercantik tampilan rumah Anda.

lokasi KEDIAMAN KEL. ARYANI, CILANDAK, JAKARTA SELATAN Desain interior PUTI ANGGIA SARI DAN RAHMAWATI KUSLITA

Dengan cetak gipsum, apapun gambar yang ingin anda wujudkan, bisa dibuat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.