MCB MODEL BARU BISA CEGAH KORSLETING

Kapanpun dan di manapun berada, bahaya kebakaran akibat korsleting listrik selalu mengintai rumah Anda. Tak terkecuali, saat Anda mudik Lebaran. Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, lindungi rumah Anda dengan hal berikut ini.

Rumah - - PERANTI - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@gramedia-majalah.com FOTO IRFAN HIDAYAT

Kasus kebakaran akibat korsleting listrik terus terjadi. Yang terhangat adalah kasus kebakaran yang terjadi di Kampung Bulak, Klender, Jakarta Timur. Ada 50 rumah hangus terbakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi pada Kamis, 4 Mei 2017. Sementara, pada tanggal 8 Mei 2017, kebakaran juga terjadi di Jalan Cipinang Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Selain menghanguskan 4 rumah, terdapat 12 orang korban luka bakar dan 4 orang meninggal dunia.

Belum lagi, jika kita membicarakan kebakaran Pasar Senin yang menghanguskan 1.012 kios pada bulan Januari 2017. Tak terhitung kerugiannya!

Melihat kasus di atas, kita tak bisa main-main dengan yang namanya korsleting listrik. Anda bisa kehilangan harta dan nyawa hanya dalam hitungan detik. Tak salah, jika Anda harus melindungi rumah dari bahaya korsleting listrik.

DI AWAL SULIT TERDETEKSI

Niken Widyasti, Wiring Devices and Accessories Product Specialist PT Schneider Indonesia yang ditemui di acara Innovation Summit 2017, mengatakan bahwa jika terjadi korsleting listrik harus segera ditangani agar tak menjadi bencana. Hanya saja, Niken berpendapat bahwa sumber awal korsleting kadang sulit terdeteksi. Misal terjadi di plafon atau ruang yang letaknya jauh dari tempat Anda berada. “Biasanya, orang sudah sadar jika ada bau kabel yang sudah terbakar atau material rumah lainnya yang terbakar,” ucap Niken.

Jika percikan apinya masih kecil dan pemilik ada di rumah, hal ini bisa langsung segera ditangani. “Pemilik bisa langsung memadamkan api dengan air, handuk basah, atau dengan tabung pemadam api portabel (jika memiliki),” ucap Niken. Lantas, bagaimana jika Anda tidak sedang ada di rumah atau sedang terlelap?

Niken menjelaskan bahwa akan sangat sulit dikontrol jika pemilik rumah tidak ada di tempat. Apalagi, jika dihubungkan dengan mudik Lebaran di mana tetangga kanan-kiri juga kebanyakan pulang kampung. Bisa jadi, nasib rumah Anda hanya tinggal puing-puing kenangan. Tetapi, Niken juga mengatakan, ada banyak kasus pemilik yang berada di rumah pun, tak bisa berbuat banyak. Mereka yang mencoba menyelamatkan harta benda jadi bernasib tragis, misal terkena luka bakar serius, tersengat aliran listrik, dan terparah meninggal dunia.

INI CARA MENANGANINYA!

Menurut Niken, salah satu yang bisa Anda lakukan untuk melindungi rumah adalah dengan menambahkan Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection (RCBO) di rumah. Perangkat listrik ini merupakan hasil penggabungan antara fungsi Mini Circuit Breaker (MCB) dan Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB).

“Produk inovasi ini merupakan penggabungan fungsi MCB dan ELCB. Fungsinya, untuk memutus arus listrik secara otomatis apabila terjadi hubungan arus pendek karena beban arus berlebih. Selain itu, untuk memutus arus listrik saat terdeteksi adanya kebocoran arus listrik ke tanah,” ucap Niken.

Perlu diketahui, MCB adalah alat yang bisa melindungi rumah dari bahaya korsleting listrik karena beban listrik terlalu besar atau arus bermasalah. Sementara, ELCB dapat mendeteksi perbedaan arus (beban listrik yang terlalu besar) dan secara cepat akan memutuskan rangkaian listrik di rumah, serta melindungi Anda dari sengatan listrik. RCBO ini penggabungan dari keduanya.

Jadi, saat ada beban listrik yang besar, kabel tergigit tikus, kabel terbuka dari lakban, kabel terkena air, maka alat seharga kurang-lebih Rp250.000-an ini akan langsung memutuskan aliran listrik dalam detik itu juga, sehingga tak sampai membuat rumah korsleting dan mengakibatkan kebakaran.

Untuk penempatannya, Anda bisa memasang berdampingan dengan MCB di dalam boks. Jika Anda merasa belum mampu memasang RCBO di seluruh ruang di rumah pada saluran mekanikal elektrikalnya, Anda bisa menambahkan alat ini di area lembap, seperti kamar mandi, dapur, innercourt, atau kolam renang. Dengan menambahkan ini, rumah Aman dari kebakaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.