AGAR KOMPOR BEBAS LEMAK DAN KOTORAN

Kita sering kali lupa membersihkan kompor. Padahal kompor yang kotor dan dipenuhi minyak akan mengganggu keindahan dapur Anda.

Rumah - - BERSIH-BERSIH - TEKS SITI NAHDIATUL FATA M siti.n@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA dan SITI NAHDIATUL FATA M

Kompor merupakan salah satu peralatan dapur yang mudah terkena kotoran dan noda membandel. Biasanya, karena terkena percikan minyak atau tumpahan kuah dan bumbu ketika memasak. Kotoran yang menumpuk di area kompor, jika dibiarkan bisa menjadi media tumbuhnya bakteri dan mengundang berbagai serangga datang, seperti kecoak dan semut.

Rutin membersihkan kompor penting untuk Anda lakukan. Selain membuat dapur Anda menjadi lebih higienis, kompor yang bersih tentunya akan menghasilkan nyala api yang lebih maksimal, karena tak tertutup kotoran.

Bagian kompor yang berongga memang agak sulit dibersihkan. Namun, Anda tak perlu khawatir, kali ini RUMAH akan memberikan tip membersihkan kompor agar terbebas dari lemak dan kotoran.

LOKASI KEDIAMAN KAELANI, PERUMAHAN GRAND PURI ASIH, BITUNG, TANGERANG

4 5

Sambil menunggu baking soda bereaksi di permukaan kompor, bersihkan penyangga panci dan kompor dengan cara mencucinya menggunakan sabun pencuci piring. Sedangkan untuk tungku kompor, Anda cukup mengelapnya dengan lap basah dan menyikat bagian lubangnya. knob

6

Gosok dengan menggunakan untuk membersihkan area kompor yang telah ditaburi bubuk baking soda. Untuk bagian kompor yang berkerak, teteskan cuka di area tersebut, lalu biarkan 3-5 menit agar kerak yang menempel rontok. spons

7

Setelah terlihat bersih, gunakan lap basah untuk membersihkan bekas kotoran dan baking soda yang masih tersisa di permukaan kompor. Lalu, pasang kembali semua komponen kompor.

3

Taburkan baking soda pada seluruh permukaan kompor, dan diamkan beberapa menit. Baking soda berfungsi sebagai perontok kotoran, dan menyerap minyak yang masih menempel pada kompor.

ALAT DAN BAHAN

1. Spons 2. Lap 3. Baking Soda 4. Cuka

Angkat bagian penyangga panci yang berada di atas tungku api kompor.

2

Sapu kotoran yang berada di area tungku dengan menggunakan kering. spons

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.